Pj Gubernur Kaltim Ikut Panen Melon di Waduk Panji Tenggarong

KUTAI KARTANEGARA – KELOMPOK Wanita Tani (KWT) Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang dibina langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah telah berhasil sampai ke tahap masa panen. Panen dilakukan di Green House Waduk Panji, Tenggarong, Senin (12/02/2024).

Salah satu pengurus KWT Indriyani Ningsih menyebutkan, penanaman melon di green house tersebut sudah dimulai sejak Desember 2023 lalu dan akhirnya bisa dipanen bulan Februari 2024.

Ratusan buah melon siap panen tersebut bahkan dipetik dan disantap langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik dan Bupati Kukar Edi Damansyah. Di hadapan para media, kedua orang penting tersebut menyatakan bahwa rasa melon yang berhasil di panen itu sangat manis.

“Ini binaannya Bapak Bupati Kutai Kartanegara. Melalui ini, kita berharap ini adalah contoh yang bagus bagi Kalimantan Timur sebagai sumber pangan,” ujar Akmal Malik usai memetik salah satu buah melon kuning.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur juga menjelaskan bahwa adanya sektor pertanian dan perkebunan semacam ini bisa menjadi salah satu indikator bahwa Kaltim sangat mengedepankan keberlanjutan pangan.

“Kalimantan Timur sudah harus saatnya mandiri di sisi pangan. Jangan cuma tagline-nya Kaltim Berani Berdaulat saja, namun berdaulat apa dulu? Berdaulat di pangan dulu pertama,” tuturnya dalam sambutan tersebut.

Selain Akmal, Edi Damansyah juga mengapresiasi segala usaha yang sudah dikerjakan oleh pihak KWT Tenggarong. “Dengan segala usaha yang sudah etam kerjakan ini, menjadi salah satu cara untuk membangun agrowisata di daerah,” katanya.

Ia pun tidak lupa menghimbau masyarakat Tenggarong untuk menyempatkan mampir ke Waduk Panji Sukarame dan mencoba melon hasil panen KWT Tenggarong. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com