Jalin Silaturahmi Antar Paguyuban, Ikapakarti Gelar Halal Bihalal

SAMARINDA – DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengelar acara halal bihalal 1445 Hijriah di Gedung Workshop Taman Budaya, Jalan Kemakmuran, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Samarinda, Sabtu (11/05/2024).

Acara halal bihalal Ika Pakarti dihadiri Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim Muhammad Samsun, Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono, dan anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda Sutrisno. Turut hadir pula para ketua paguyuban.

Nidya Listiyono yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ika Pakarti Samarinda mengatakan, acara tersebut bertujuan menjalin tali silaturahmi antar paguyuban asal Jawa Timur yang ada di Kaltim.

“Ini bentuk kesolidan kami untuk bersilaturahmi bertemu seluruh elemen masyarakat Ika Pakarti Kaltim,” kata politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

 

Dia melanjutkan, tema yang diusung kali ini yakni Pesta Seni Budaya dan Kuliner Tradisional Tanah Jawi. Tema itu menggambarkan keseharian warga pulau Jawa yang ada di Kaltim. Mulai membuat kerajinan yang dihasilkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), berdagang makanan tradisional khas Jawa dan melestarikan kesenian.

“Dari Ika Pakarti ada berbagai macam bidang. Ada UMKM, kuliner dan kesenian yang kami akomodir. Ini untuk menuju kemajuan budaya dan ekonomi,” ujar Nidya.

Dalam kesempatan tersebut Nidya berharap, Ika Pakarti dapat sebagai perekat paguyuban yang ada di Kaltim dan pemelihara seni budaya serta acara ini dapat memberikan hiburan pada masyarakat Samarinda.

“Mudah-mudahan menjadi pemersatu dan adanya budaya juga sebagai media hiburan serta pelestari budaya,” tutup Nidya yang juga duduk sebagai Ketua Paguyuban Reok Ponorogo di Samarinda. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com