Samsun: Ikapakarti Punya Tokoh Untuk Pilkada 2024

SAMARINDA – SEBAGAI kecintaan dan bakti kepada Bumi Etam, Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tak menutup mata dan siap mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Demikian hal itu ditegaskan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikapakarti Provinsi Kaltim Muhammad Samsun kepada awak media usai menghadiri acara halal bihalal Ikapakarti Kaltim di Gedung Workshop Taman Budaya, Jalan Kemakmuran, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Samarinda, Sabtu (11/05/2024).

Terkait siapa dari tokoh Jawa yang bakal diusung Ikapakarti, Samsun menegaskan, figur yang dianggap mumpuni untuk memimpin Kaltim maupun kabupaten/kota yang ada bakal menjadi pertimbangan karena etnisitas Jawa punya kans untuk eksekutif.

Untuk diketahui, pada tahun 2022 yang dipaparkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang mencatat jumlah penduduk sebanyak 3,7 juta jiwa di Kaltim dan masyarakat bersuku Jawa mendominasi dengan 30,24 persen mendiami kawasan trans.

“Nama yang dipersiapkan tentu sudah ada, tokoh Jawa di Kaltim yakni Rusmadi Wongso yang merupakan ketua kami. Kemudian ada nama Seno Aji, Bagus Susetyo, Sigit Wibowo, dan banyak tokoh Jawa lainnya,” urai Samsun.

Menurutnya, sebagai seorang Ketua DPP Ikapakarti Rusmadi Wongso mempunyai peluang jika ingin mengikuti kontesasi di Pilkada Kaltim atau Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Samarinda, hanya saja semua kembali kepada Rusmadi Wongso.

“Ada ruang untuk itu (ajang Pilgub Kaltim, red), tinggal beliau bersama timnya untuk memantapkan lagi, apakah akan ke Kaltim atau ke Kota Samarinda,” ujarnya.

Samsun menegaskan, etnisitas Jawa di seluruh Kaltim sudah pasti siap untuk mendukung, terlebih lagi dari Ikapakarti. “Intinya semua warga Jawa siap mensupport, mendukung tokoh Jawa di Pilkada, siapa pun,” tutup Samsun. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com