Sri Wahyuni: Pemimpin Harus Bisa Gerakan Seluruh Sumber Daya

BEKASI – SEKRETARIS Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni mengajak para pimpinan perangkat daerah untuk bisa membangun orkestrasi yang solid dan kuat dengan memberdayakan seluruh sumber daya organisasi.

Hal ini disampaikannya pada pembukaan kegiatan Pengembangan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi yang digelar Badan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltim di School of Leadership, Rumah Perubahan Jakarta Escape, Jalan Mabes 2 Jatimurni Bekasi, Selasa (14/5/2024).

“Se-smart (secerdas) apapun pemimpin tidak akan mampu dia, jika tidak bisa memberdayakan seluruh asetnya, termasuk staf di bawahnya. Pemimpin yang baik adalah yang bisa menggerakkan seluruh sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi,” kata Sri Wahyuni.

Kegiatan pengembangan inipun, lanjut Sri, merupakan kegiatan belajar dan bukan sekedar kegiatan berkumpul biasa saja.

“Pemimpin juga harus mau terus belajar. Sebab zaman akan terus berubah secara dinamis. Karenanya setiap pemimpin juga harus siap dengan perubahan dan berbagai situasi. Pemimpin harus punya banyak strategi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan bahwa harus ada keterpaduan yang kuat dan kepercayaan. Bagaimana agar setiap langkah pimpinan dapat dirasakan dengan penerimaan yang baik oleh staf, memberikan motivasi untuk mencapai tujuan.

“Namun dalam prakteknya kadang terjadi, organisasi tidak bisa maju karena pemimpin melaksanakan programnya tetapi tidak mendapatkan dukungan dan kepercayaan sepenuhnya dari staf,” ujar Sri.

Menurut dia, hal itu bisa terjadi karena pemimpin tidak mempertimbangkan aspek humanis yang dibutuhkan staf. Staf pasti menginginkan reward dan seorang pemimpin yang bisa menghidupkan suasana.

“Jangan menjadi pemimpin yang otoriter. Ingat, pemimpin tidak cukup hanya memberi perintah. Pemimpin harus bisa mengapresiasi staf, mengoptimalkan kinerja staf. Lakukan coaching (melatih) dan mentoring (mengarahkan) dengan baik,” tutup Sri.

 

Dalam membuka acara Sekda Kaltim didampingi oleh Kepala BPSDM Nina Dewi sebagai Ketua Pelaksana. Dan  peserta kegiatan para kepala perangkat daerah Provinsi Kaltim serta perangkat daerah kabupaten kota terkait.

Pembicara utama dalam gelaran ini adalah Rhenald Kasali yang juga merupakan founder Rumah Perubahan. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com