Tinjau Pembuatan Kapal di Kayu Api, Pj Gubernur Dorong Inovasi Wisata Laut

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Gubenur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik meninjau kegiatan pembuatan kapal berbahan kayu yang ada di wilayah pesisir Kayu Api, Kelurahan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (14/05/2024) sore.

Dalam kunjungan tersebut, Pj Gubernur Akmal Malik didampingi Pj Bupati PPU Makmur Marbun dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, selama melakukan kunjungannya.

Akmal Malik mengatakan, usaha masyarakat melalui pembuatan kapal kayu di PPU tersebut ke depan diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif. Khususnya wisata laut yang nantinya akan dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di sejumlah kabupaten/kota di Kaltim.

“Kapal ini juga diharapkan akan menjadi alat transportasi yang langsung bisa menghubungkan IKN nantinya,” kata Akmal.

Menurut Pj Gubernur, salah satu yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi saat ini adalah wisata laut. Untuk itu, wisata laut ini akan menjadi percobaan melalui kapal-kapal yang ada di wilayah Kayu Api PPU, yang nantinya didesain sebagus mungkin sehingga dapat menjadi daya tarik bagi para pengunjung IKN.

“Adanya IKN membutuhkan banyak moda transportasi. Ini juga menjadi pemikiran kami di Pemerintah Provinsi Kaltim. Karena kita tidak bisa menggunakan transportasi darat saja tetapi kita ingin mencoba mode transportasi dari balikpapan ke IKN menggunakan kapal,” ucap Akmal.

 

Pj Gubernur juga mengatakan, pihaknya akan membuat percontohan kapal tradisional dan kapal wisata yang aman. Tak hanya itu, cara ini juga akan dikombinasikan dengan pariwisata. Sehingga akan dicoba untuk merangkul para investor yang ada melalui kapal wisata tersebut. Diharapkan kapal dari Balikpapan ke IKN menjadi perjalanan yang menyenangkan.

“Cara ini juga kita akan kombinasikan dengan pariwisata yang akan di kelola oleh pokdarwis. Nanti kita juga menawarkan paket makan siang yang ada di kapal,” ujarnya.

Dia berharap, adanya inovasi baru itu akan mendongkrak tumbuhnya ekonomi di kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Sehingga mampu mensupport penambahan jumlah penduduk yang secara signifikan akan masuk ke wilayah IKN.

“Tentunya perlu inovasi, membuat desain yang lebih bagus, dan kami akan mencari para investor yang mau menginvestasikan untuk kapal wisata ini,” tutupnya.

Terpisah Pj Bupati PPU Makmur Marbun saat dimintai keterangannya mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung apa yang digagas oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. Menurutnya, pembuatan kapal kayu yang ada di wilayah Kayu Api tersebut mempunyai potensi yang cukup besar untuk dikembangkan.

“Usaha ini jika dikelola dengan baik tentu sangat berpotensi besar untuk kemajuan Kabupaten PPU ke depan, khususnya terkait pengembangan transportasi laut ini,” tutupnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com