Peringati HUT ke-44, Bangun Rejo Gelar Bersih Desa dan Kirab Budaya

KUTAI KARTANEGARA – DESA Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Kirab Budaya, Rabu (15/05/2024). Ratusan warga desa antusias mengikuti kegiatan karnaval bersama tersebut. Mereka beririangan dengan memakai baju adat menyusuri jalan-jalan utama di Desa Bangun Rejo

Kepala Desa Bangun Rejo Yuyun Porwanti mengungkapkan, kirab budaya menjadi rangkaian dari acara Bersih Desa dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Desa Bangun Rejo.

Acara tersebut kata dia, diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan hasil bumi di Desa Bangun Rejo. Selain itu, juga menjadi agenda tahunan yang rutin digelar.

“Tujuan kegiatan Bersih Desa ini adalah bentuk syukur masyarakat Desa Bangun Rejo kepada Allah SWT dan juga sekaligus memperingati ulang tahun desa yang ke-44 tahun,” ucap Yuyun.

Tak hanya itu, Kegiatan Bersih Desa juga menjadi momen tepat memperkenalkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Desa Bangun Rejo.

“Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi kami untuk mempromosikan UMKM desa. Ini sesuai dengan visi misi Bupati Kutai Kartanegara yang beracuan pada Betulungan Etam Bisa atau bergotong royong kita bisa,” jelas Yuyun.

 

Asisten I Bidang Hukum dan Kesra Sekretariat Kabupaten (Sekkab) Kukar Akhmad Taufik Hidayat yang hadir mewakili Bupati Kukar menyampaikan apresiasinya kepada Desa Bangun Rejo. Menurutnya, pemerintah Desa Bangun Rejo telah membangun desanya dengan baik. Tidak hanya fisik, tetapi juga secara pelestarian adat istiadat dan gotong royong masyarakat desa.

“Kami mengapresiasi jajaran pemerintah Desa Bangun Rejo yang menggelar kegiatan ini. Tentu Pemkab Kukar mendukung agenda seperti ini dapat terus dilestarikan,” katanya.

Agenda tersebut juga dihadiri Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sugiharto, Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, perwakilan Kapolsek Tenggarong Seberang, perwakilan UPT Dinas Pendidikan, serta kepala desa se-Kecamatan Tenggarong Seberang. []

 

Jadwal dan Rangkaian Kegiatan Bersih Desa
Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang

– Senin (13/05/2024) : Pentas Seni (TK/PAUD), Pentas Seni (SD) dan Senam Zumba
– Selasa (14/05/2024) : Persiapan pelaksanaan Kirab Budaya
– Rabu (15/05/2024) : Kegiatan Kirab Budaya
– Kamis (16/05/2024) : Ziarah makam/Nyadran, Doa bersama umat beragama (Islam, Nasrani, Hindu)
Ritual Adat/Ruwatan Desa
– Jumat(17/05/2024) : Langen Beksan/Tayub, Acara Seremoni Puncak Bersih Desa/HUT Desa Bangun Rejo         ke-44, Hiburan Pegelaran Wayang Kulit.

Penulis: Achmad Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com