Pj Gubernur Akmal Malik Buka Rakornis Dishub se-Kaltim

PENAJAM – RAPAT Koordinasi Teknis (Rakornis) Dinas Perhubungan se-Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang diselenggarakan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) secara resmi dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, Selasa (14/5/2024) malam.

Kegiatan ini juga dihadiri Pj Bupati PPU Makmur Marbun, Perwakilan Pusat Kebijakan Prasarana Transportasi dan Integrasi Moda Ady Irawan, Tim Kajian Kebijakan Penyelenggara Transportasi Wilayah Penyangga IKN Tedy Murtejo, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas I Kaltim, Kepala Kantor KSOP Kelas I Balikpapan, Kepala PT ASDP Cabang PPU, dan unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten PPU.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menekankan pentingnya memikirkan jalur transportasi yang saling terintegrasi bagi pemerintah kabupaten/kota yang wilayahnya bersinggungan langsung dengan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Dalam hal ini sambung dia, minimal empat daerah yang berdekatan dengan IKN, seperti Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara (Kukar), dan tentu saja PPU, diharapkan untuk mengusulkan langkah-langkah riil guna meningkatkan konektivitas mereka ke IKN.

“Kami berharap, empat kabupaten/kota ini bisa propose langkah-langkah riil untuk konektivitas ke IKN. Kalau kawasan inti, itu urusan Otorita IKN. Kita yang di luar itu,” ujar Akmal Malik saat membuka Rakornis.

Akmal juga menandaskan bahwa Rakornis Dinas Perhubungan se-Kaltim merupakan momentum yang tepat untuk membahas persoalan sektor perhubungan di Kaltim, terutama dalam menyambut hadirnya IKN di wilayah Kaltim.

“Malam ini menjadi sangat strategis untuk membahas konektivitas sektor perhubungan menuju IKN,” tambahnya.

Melalui acara ini lanjut dia, dapat dilihat bahwa pemerintah daerah Kaltim, baik tingkat provinsi maupun kabupaten, memiliki kesadaran yang kuat akan pentingnya memperkuat konektivitas transportasi menuju IKN, dan mereka siap bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Timur, khususnya PPU.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati PPU Makmur Marbun dalam sambutannya menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya meningkatkan konektivitas transportasi menuju IKN.

“Kami sepenuhnya mendukung upaya untuk meningkatkan konektivitas transportasi ke Ibu Kota Nusantara. PPU bersedia berperan aktif dalam merumuskan langkah-langkah konkrit untuk mencapai tujuan tersebut,” tegasnya.

 

Makmur Marbun juga memandang kehadiran Rakornis sebagai kesempatan strategis bagi daerahnya untuk bersama-sama membahas permasalahan sektor perhubungan yang relevan dengan hadirnya IKN di Kalimantan Timur. Dalam pandangannya, kolaborasi antar instansi dan kesatuan dalam tindakan merupakan kunci keberhasilan dalam memajukan konektivitas transportasi ke IKN.

Dalam momen tersebut, Marbun juga mengajak seluruh jajaran terkait untuk bekerja sama secara sinergis demi mencapai tujuan bersama.

“Kami bersedia berperan aktif dalam merumuskan langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan konektivitas transportasi ke Ibu Kota Nusantara,” tutupnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com