Sopian Perihatin Temuan Bayi Perempuan di Tani Aman

PARLEMENTARIA SAMARINDA – PENEMUAN bayi yang tega dibuang oleh ibunya kembali terjadi di Kota Samarinda. Hal itu tentu saja menimbulkan keprihatinan mendalam. Termasuk dari Anggota Komisi IV Dewan Perwakiln Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Ahmat Sopian Noor yang meminta aparat kepolisian segera menangkap pelakunya.

Untuk diketahui, warga sekitar Jalan Barito 1 Kelurahan Tani Aman, Kecamatan Loa Janan Ilir, Samarinda digegerkan dengan temuan bayi di semak-semak, Senin (13/05/2024) malam. Bayi berjenis kelamin perempuan itu kemudian dibawa ke bidan terdekat untuk dilakukan penanganan medis.

“Saat ini masih ada tega-teganya membuang seorang bayi yang masih fitrah. Meskipun hasil dari perbuatan yang tidak baik, akan tetapi anak itu tidak boleh ditelantarkan,” ujar Ahmat Sopian Noor kepada awak media usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Rabu (15/05/2024).

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini berharap orang tua dari bayi tersebut dapat segera ditemukan. Sehingga dapat diberikan semacam wawasan, bagaimana tanggung jawab orang tua terhadap anak.

Menurut Sopian -sapaan akrabnya, instansi terkait harus tanggap dan segara melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian agar dapat merawat sesuai peraturan yang berlaku sambil menunggu aparat hukum menemukan orang tua bayi tersebut.

“Dinas Sosial harus ada kepekaan dapat membantu anak ini agar mampu berkembang dan tumbuh besar, jika tidak ada yang mengadopsinya. Ini tanggung jawab negara dan pemerintah terhadap anak yang diterlantarkan,” kata Sopian.

Dia mengingatkan, sebagai mahluk hidup yang paling sempurna di muka bumi ini hendaknya bersama-sama dapat memikirkan tuatmbuh kembang bayi tersebut dengan cara menjadi orang tua angkat, terutama bagi pasangan yang belum diberikan keturunan.

“Siapa saja orang tua yang berkenan mengangkat menjadi anak angkatnya terutama bagi keluarga yang ingin punya anak ini, tanggung jawab sebagai mahluk hidup ciptaan Allah,” tutup Sopian, yang juga merupakan Ketua Badan Kehormatan DPRD Samarinda ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com