Pemkot Samarinda Kirim Bantuan Logistik dan Relawan ke Mahulu

SAMARINDA – PEDULI dengan musibah banjir yang menimpa masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda turut menggalang bantuan untuk disalurkan kepada warga yang terkena bencana.

Di Anjungan Karangmumus, Balai Kota Samarinda, Jalan Kusuma Bangsa, Jumat (17/05/2024), Wali Kota Samarinda Andi Harun menyerahkan bantuan tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda yang akan berangkat langsung menuju lokasi bencana.

Selain bantuan berupa kebutuhan sandang, pangan dan logistik, Pemkot Samarinda melalui BPBD juga menerjunkan tim relawan. Mereka akan berangkat pada Sabtu (18/05/2024) dengan mengendarai tiga truk bantuan.

“Penyerahan bantuan ini sebagai wujud kepedulian masyarakat Samarinda melalui pemkot beserta jajaran kepada korban banjir di Mahakam Ulu,” terang Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Dia mengungkapkan, bantuan yang diserahkan berupa perlengkapan bayi, bahan makanan, pakaian, selimut, perahu, terpal, matras, dan kantong jenazah.

“Kami tidak mengharapkan korban jiwa tapi ini sebagai bentuk kesiapsiagaan BPBD dalam memenuhi keperluan di tempat  terjadinya musibah,” imbuhnya.

 

Orang nomor satu di Samarinda itu mengatakan, tidak akan membiarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahulu sendirian. Dia mengajak seluruh pimpinan daerah se-Kaltim untuk peduli dengan kondisi masyarakat Mahulu.

Andi Harun juga menegaskan, bantuan tersebut merupakan tahap pertama. Pemkot Samarinda akan terus mengirimkan bantuan lain yang paling dibutuhkan di lokasi banjir. Untuk itu, Pemkot Samarinda terus berkoordinasi dengan BPBD Samarinda yang ditugaskan ke Mahulu.

Ridwan, salah satu dari 20 relawan yang akan ikut serta membantu warga Mahakam Ulu menuturkan, keterlibatannya dalam penanganan bencana banjir di Mahulu merupakan kewajiban yang harus dilakukan.

“Setidaknya seperti yang pak wali tadi bilang, kami tidak akan membiarkan warga Mahulu berjuang sendirian. Kami seluruh relawan samarinda, akan berupaya membantu, apapun yang dibutuhkan,” pungkasnya. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com