Bedah RTLH, Kolaborasi Koramil Tenggarong Seberang Bersama Taruna Latsitarda Nusantara

TENGGARONG SEBERANG – SEBAGAI wujud nyata kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan rakyat, Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Tenggarong Seberang melaksanakan gotong royong pengerjaan bedah rumah warga kurang mampu di Desa Bangun Rejo, KecamatanTenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kegiatan tersebut dipusatkan di rumah Wahab, salah satu warga penerima bantuan program pendataan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Komplek Perumahan Sumber Muliyo Reciden, Bangun Rejo, Sabtu (18/05/2024). Sasaran pada pengerjaan RTLH ini adalah fokus pada perbaikan atap, lantai dan dinding serta plafon.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Tenggarong Seberang Kapten Inf Aris Dengsi menjelaskan, pelaksanaan bedah RTLH tersebut dikolaborasikan dengan kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-XLIV/2024 yang saat ini sudah memasuki minggu kedua.

Kapten Aris juga menegaskan, program bedah RTLH merupakan wujud nyata dari komitmen TNI bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam mengurangi masalah kemiskinan. Apalagi katanya, mengentaskan kemiskinan juga menjadi salah satu prioritas utama Pemkab Kukar di bawah kepemimpinan Bupati Edi Damansyah.

“Kami merasa prihatin karena masih ada warga memiliki tempat tinggal yang kurang layak. Oleh sebab itu, kami bekerja sama dan bergotong-royong dengan pemerintah desa bersama Taruna Latsitarda Nusantara guna membantu mengatasi kesulitan masyarakat di desa,” jelas Kapten Aris.

 

Sementara Wahab menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak, baik dari Danramil, Taruna Latsitarda maupun Pemkab Kukar atas perhatian dan kepeduliannya dengan membedah rumahnya. Sehingga kini dirinya dapat memiliki tempat tinggal yang layak untuk dihuni.

Sekedar informasi, gotong rotong pengerjaan bedah RTLH ini dalam pelaksanaannya selalu melibatkan personil TNI selama proses rehabilitasi rumah, seperti pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan tersebut adalah bagian dari komitmen TNI yang bernilai sangat strategis. Tidak hanya dalam rangka membantu menyiapkan rumah layak huni, namun juga dalam rangka menopang peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program ini juga sekaligus sebagai implementasi kepekaan, kepedulian, dan perhatian dari TNI Angkatan Darat (AD) terhadap kondisi sosial masyarakat sekitar. []

Penulis: Achmad Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com