Panen Cabai di SMK-SPP Negeri Samarinda, Ini Harapan Pj Gubernur Kaltim

SAMARINDA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik turut serta panen cabai di Kebun Praktik Sekolah Menengah Kejuruan – Sekolah Pertanian Pembangunan (SMK-SPP) Negeri Samarinda, Jalan Wahab Syahrani, Rabu (29/5/2024).

“Anak-anak SMK-SPP tidak hanya belajar memproduksi (menanam cabai), tapi juga belajar marketing (pemasaran) produk mereka,” ucap Akmal Malik.

Walaupun sambung dia, dalam tahap awal ini marketingnya masih dalam konteks menjual bahan mentah berupa cabai yang belum diolah lebih lanjut.

Karena itu, Akmal Malik berharap, ke depannya pihak sekolah dapat memberikan bekal keterampilan kepada siswa-siswi untuk membuat produk olahan dari bahan baku cabai. Seperti sambal, saos cabai dan bahan olahan cabai lainnya.

Menurutnya, dengan membuat dan menjual produk olahan atau disebut juga dengan istilah hilirisasi ini, maka nilai jualnya menjadi lebih tinggi, mempunyai daya tahan lebih lama (lebih awet) serta memacu peningkatan kualitas juga kuantitas hasil panen cabai menjadi lebih baik lagi.

“Anak-anak kita ajarkan tidak hanya jadi petani hebat, tetapi juga memiliki jiwa enterprenuer,” tandasnya.

 

Akmal juga berpesan agar SMK-SPP ini bukan hanya menghasilkan petani-petani muda saja tetapi juga sekolah ini harus dapat mencetak interprenuer muda berbasis produk pertanian. “Insya Allah nanti Kaltim akan menjadi berdaulat dalam bidang pertanian. Percayalah,” tutupnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com