Anhar: Kepala Daerah Harus Punya Kemampuan Lobi ke Pemerintah Pusat

PARLEMENTARIA SAMARINDA – SELAIN harus mampu berpikir ke depan, seorang kepala daerah juga dituntut untuk memiliki kemampuan melakukan lobi ke pemerintah pusat.

Demikian penilaian Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Samarinda Anhar SK saat menghadiri acara Curhat Santai Bersama Adkesma (Cemas) dengan narasumber Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun di Bagio’s Resto Jalan Abdurrasyid No 2, Kelurahan Bugis, Samarinda, Rabu (29/05/2024) beberapa waktu lalu.

“Pemimpin daerah itu harus memiliki kemampuan melakukan lobi ke pusat, artinya dia tidak punya uang tetapi mampu melakukan lobi dan mampu memenuhi target pembangunan dengan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat,” beber Anhar.

Dia lalu merespon jawaban yang diberikan Makmur Marbun dalam acara tersebut. Menurut Anhar, jawaban tersebut pada umumnya mudah dipahami. Karena itu dia mengakui, berkat hasil pemikirannya pembangunan yang ada di Kabupaten PPU berjalan pesat, terlebih dengan memanfaatkan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN).

“Pemaparannya sangat general dan komperensip. Mulai apa yang belum dikerjakan dan apa yang sudah dikerjakan. Berarti beliau seorang pemikir untuk masa depan PPU,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Dia mengungkapkan, walaupun hanya ditugaskan sementara oleh Kementerian Dalam Negeri untuk mengisi kekosongan pemerintahan daerah dan dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah yang baru, Makmur Marbun tetap memberikan pondasi pemikiran untuk kemajuan warga PPU ke depannya.

“Bagaimana dia bicara tentang kebutuan air, bicara tentang lingkungan, tentang pendidikan, pertumbuhan ekonomi dan kepastian hukum di PPU. Saya pikir, dia cocok untuk menjadi bupati di PPU,” ungkap anggota dewan yang menyandang gelar sarjana bidang hukum ini.

 

Anhar menambahkan, pembangunan di Kabupaten PPU sempat berjalan lambat disebabkan kepala daerahnya tersandung kasus hukum. Namun setelah ditunjuknya Makmur Marbun, dia dapat mengangkat perekonomian dan pembangunan dengan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Hal itu menurut Anhar berkat kemampuan Makmur Marbun masuk ke pemerintah pusat.

“Kita lihat banyak pembangunan berskala besar didanai oleh APBN dan dibantu Pemerintah Provinsi. Menurut saya, itu hasil kemampuan lobinya ke pusat,” tutup wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Palaran, Samarinda Seberang, dan Loa Janan Ilir ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com