Diskominfo Samarinda Motivasi UMKM, Kembangkan Usaha Lewat Digitalisasi

SAMARINDA – DINAS Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitiann (BPSDMP) Kota Banjarmasin menggelar Pelatihan Pemasaran Digital Dasar melalui Digital Enterpreneurship Academy (DEA).

Sebanyak 100 orang pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang berasal dari Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) se-Kota Samarinda mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Samarinda Ilir, Jalan Marsda Abdurrahman Saleh (eks Jalan Kehewanan), Senin (3/6/2024).

“Para pelaku UMKM dari KIM agar bersemangat dalam mengembangkan usahanya dengan memasuki dunia digital. Karena dunia digital merupakan sebuah keniscayaan di era modern ini,” kata Kepala Bidang (Kabid) Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Syamsul Anwar saat mewakili Kepala Diskominfo Kota Samarinda membuka acara.

Di Kota Samarinda lanjut Samsul, pembentukan Forum Komunikasi KIM telah dilakukan mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan hingga tingkat Rukun Tetangga (RT). Pembentukan KIM itu sendiri bertujuan untuk menyebarkan informasi yang valid dari pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya dari masyarakat kepada pemerintah atau bahkan kepada sesama warga itu sendiri.

Dia menjelaskan, berdirinya Forum Komunikasi KIM juga memiliki tujuan utama untuk membantu mengembangkan UMKM berskala rumah tangga, sehingga mampu bersaing dan menjadi usaha yang dapat diandalkan bagi masyarakat kecil.

“Pembekalan yang diberikan dalam pelatihan ini akan mengejarkan kepada peserta untuk menjalankan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti media sosial (medsos), wedsite dan sejenisnya. Masyarakat pelaku usaha dapat memfungsikan smartphone (hp) yang dimiliki semaksimal mungkin,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com