Bina Konstruksi DPUPR-Pera Kaltim Evaluasi Pelatihan TKK Fresh Graduate

SAMARINDA – EVALUASI atas pelakasaan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi bagi fresh graduate dilakukan Bidang Bina Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR-Pera) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Evaluasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bidang Bina Konstruksi Jalan Tengkawang Samarinda, Selasa (4/6/2024) itu, juga dihadiri jajaran Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) V Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kami bersama dengan BJKW V Banjarmasin rapat dalam rangka evaluasi pelaksanaan Pelatihan dan Sertifikasi untuk fresh graduate yang kemaren telah dilaksanakan,” kata Kepala Bidang Bina Konstruksi DPUPR-Pera Kaltim Sri Rejeki.

Tujuan dilaksanakan rapat ini, lanjut Lily biasa dia dipanggil, adalah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan dan sertifikasi. Baik evaluasi terhadap peserta, panitia dan unsur pendukung lainnya.

Dia juga menilai bahwa hasil evaluasi terhadap peserta, masih terdapat kekurangan dalam mengikuti pelatihan. Antara lain kekurangan dalam hal kedisiplinan dan tingkat kehadiran peserta yang hanya 60 persen saja.

“Sangat disayangkan, kami masih melihat adanya kekurangan dari segi kedisiplinan dan tingkat kehadiran yang masih rendah, masih 60 persen saja. Padahal tujuan pelatihan dan sertifikasi bagi fresh graduate ini adalah untuk menyiapkan kompetensi mereka sehingga dapat diterima dalam lapangan kerja bidang konstruksi,” ucapnya.

Nanum demikan, Lily juga memberikan apresiasi kepada peserta yang secara aktif dan semangat mengikuti pelatihan dengan disiplin sejak pembukaan hingga selesainya ujian sertifikasi. Dan sebagai bentuk penghargaan serta dalam memberikan motivasi kepada peserta, diakhir kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari itu diberikan penghargaan bagi peserta terinteraktif yang didasarkan atas penilaian dari narasumber dan panitia.

Pada kesempatan yang sama dalam rapat itu juga dilakukan pembahasan tentang persiapan Lomba Tenaga Kerja Konstruksi yang direncanakan akan diikuti oleh peserta dari kabupaten/kota se-Kaltim, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 hingga 28 Juni 2024. Kegiatan ini direncanakan akan dibuka secara serentak di 10 kabupeten/kota.

“Juga akan dilaksanakan lomba pembangunan Pos Siskamling yang juga akan dilaksanakan di masing-masing kabupaten dan kota secara serentak. Dan yang akan menjadi dewan juri masing-masing terdiri dari satu orang teknis berasal  dari Bidang Cipta Karya (DPUPR Pera Kaltim), unsur teknis dari DPUPR kabupaten/kota dan dari Direktorat Kompetensi Kementerian PUPR RI,” tutup Lily. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com