Jokowi Resmikan Bendungan di IKN

IBU KOTA NUSANTARA – Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa (04/06/2024). Bendungan yang menelan biaya Rp 836 miliar itu dibangun selama empat tahun sejak 2020.

“Alhamdulillah pada siang hari ini kita segera meresmikan Bendungan Sepaku Semoi yang telah dimulai pengerjaannya tahun 2020 dan selesai di tahun 2024,” ujar Jokowi sebagaimana dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden. “Menelan biaya 836 miliar rupiah yg nantinya ini akan memiliki daya tampung 16 juta meter kubik, dengan luas genangan 322 hektar,” kata dia.

Presiden mengatakan, bendungan tersebut akan menjadi sumber air baku bagi warga di kawasan IKN ke depannya dan sebagian untuk Kota Balikpapan. Adapun sebelum meresmikan Bendungan Sepaku Semoi, Presiden Jokowi meresmikan Persemaian Mentawir yang juga berada di kawasan IKN.

Di persemaian tersebut, ditanam berbagai bibit pohon yang nantinya digunakan untuk penghijauan wilayah Nusantara dan Kalimantan Timur. Persemaian Mentawir dibangun dengan saya tampung 15 juta bibit pohon. “Ini akan bisa kita pakai untuk merehabilitasi hutan kembali kemudian jg utk menanam mereklamasi bekas-bekas tambang baik dengan tanaman-tanaman yang cepat tumbuh,” kata Jokowi dalam sambutan peresmian di Mentawir. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com