Rasman Harap Pelatih Beri Kontribusi Pada Tim Basket Kaltim

SAMARINDA – KEPALA Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Rasman berharap pelatih bersertifikat B bisa memberikan manfaat yang baik, agar dapat berkontribusi terhadap tim basket di Kaltim.

Hal itu disampaikan Rasman kepada media ini usai menghadiri pembukaan pelatihan pelatih bola basket Lisesnsi B Tahun 2024 yang diselenggarakan di Hotel Fugo Samarinda, Jalan Untung Suropati No 8, Samarinda, Selasa (04/06/2024).

“Kami berharap seluruh pelatih yang mengikuti pelatihan untuk lisensi B ini dapat menjadi pelatih profesional dan mampu melatih club yang profesional juga, sehingga mereka memiliki atlet pro serta memasifkan talenta atlet basket,” ujar Rasman.

Dia mengungkapkan, peserta pelatihan diikuti 30 orang pelatih berasal dari seluruh Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Provinsi Kaltim, terkecuali Pengcab Perbasi Mahakam Ulu yang tidak mengirimkan wakilnya. Kegiatan tersebut digelar dari tanggal 4 hingga 7 Juni 2024, di Samarinda.

“Peserta yang mengikuti pelatihan 30 orang berasal dari Pengcab yang ada di Kaltim, kecuali dari Mahakam Ulu. Pelatihan sendiri berlangsung selama empat hari, lebih banyak di lapangan ketimbang teori,” ungkapnya.

Dikatakan Rasman, cabang olahraga (cabor) bola basket selain olahraga prestasi juga termasuk sebagai olahraga industri. Di mana bola basket memiliki pasar ekonomi yang menawarkan dalam bentuk barang dan jasa. Seperti prasarana dan sarana yang dapat diperjual belikan atau disewakan.

“Cabor prestasi ini sekaligus menjadi cabor industri olahraga dan itu amanah Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan,” kata Rasman.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kusuma, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Rusdiansyah Aras, Ketua Perbasi Kaltim Darwin Tandrin dan para tamu undangan lainnya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com