Intervensi Pencegahan Stunting di PPU, Ketua TP PKK Pimpin Rapat Konsolidasi

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Linda Romauli Siregar pimpin rapat persiapan konsolidasi intervensi pencegahan stunting tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU.

Acara yang dilaksanakan di Kantor Bupati PPU, Jalan Propinsi Km. 09 Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Rabu (05/06/2024) itu diikuti oleh seluruh Ketua TP PKK kelurahan dan desa se-Kabupaten PPU.

Linda mengatakan, rapat persiapan konsolidasi intervensi pencegahan stunting merupakan langkah untuk menyatukan visi terkait tugas dan fungsi masing-masing tim. Mulai tingkat kabupaten hingga kelurahan dan desa yang ada di Kabupaten PPU.

“PKK adalah penggerak dan bagaimana tugas bersama ini mampu merekatkan kita semua demi membangun kerjasama yang baik khususnya dalam rangka menekan angka stunting di kabupaten PPU,” ucapnya.

Dia menambahkan, tugas terkait penurunan angka stunting ini juga bukan hanya menjadi tugas dinas kesehatan semata tetapi juga menjadi tugas tim penggerak PKK hingga Posyandu.

Oleh karenanya Linda berharap, seluruh kader PKK mulai tingkat kabupaten hingga kelurahan dan desa harus aktif dalam rangka memberikan bimbingan kepada masyarakat. Khususnya melalui kader-kader posyandu yang ada terkait penurunan angka stunting di wilayah PPU.

“Kita harus bangga ketika mampu berbuat sesuatu dalam hal intervensi pencegahan stunting dan hal positif lainnya dalam masyarakat,” jelasnya.

 

Beberapa waktu lalu sambung dia, pihaknya juga telah memaparkan hal ini kepada seluruh lurah dan kepala desa agar segera eksen dan jangan menunggu lagi terlalu lama dalam persoalan stunting ini.

“Persoalan stunting ini butuh kerja cepat dan aktif. Kami sedang berusaha untuk memperbaiki sistem yang ada di PKK maka hal ini akan menjadi ide smart,” ungakpanya.

Terkait peran tersebut Linda juga menambahkan bahwa nantinya pihak kelurahan dan desa melalui tim PKK yang ada di posyandu masing-masing dapat menghimpun data masyarakat di wilayah mereka, seperti mulai usia anak, tinggi, berat badan dan sebagainya dengan tujuan untuk mendata keberadaan dan jumlah stunting di wilayah mereka.

“Semoga tugas kita ini membawa manfaat yang baik dan membawa kebaikan untuk semua masyarakat di PPU yang tercinta, khususnya dalam rangka penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten PPU,” tutup Linda Romauli.[]

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com