Tingkatkan Efektivitas dan Transparansi Keuangan Daerah, BPKAD Kaltim Luncurkan Aplikasi SIGERAKaltim

SAMARINDA – KOMITMEN meningkatkan efektivitas kinerja dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pergesaran Anggaran Kaltim atau disingkat SIGERAKaltim.

“Langkah ini merupakan wujud komitmen kami untuk meningkatkan efektivitas kinerja dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah. Dengan adanya aplikasi ini dan rekonsiliasi yang kami lakukan, diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas dan efisiensi,” kata Kepala BPKAD Kaltim Ahmad Muzakkir saat Lounching SIGERAKaltim di Hotel Midtown, Jalan Hasan Basri, Samarinda, Jum’at (7/6/2024).

Muzakkir menjelaskan, aplikasi SIGERAKaltim memungkinkan pegawai di berbagai tingkatan organisasi untuk mengakses dan mengelola data keuangan secara lebih efisien, serta mengurangi kemungkinan kesalahan manual dalam proses administrasi keuangan.

 

Pada kesempatan yang sama BPKAD Kaltim juga menggelar sesi Rekonsiliasi Perencanaan Belanja Gaji dan Tunjangan serta Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) Aparatur Sipil Negara (ASN). Berikut kebutuhan rencana rekruitmen ASN dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2025 pada aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Anggaran (SiEnggang).

“Langkah-langkah ini merupakan bagian dari komitmen BPKAD Kaltim untuk meningkatkan akuntabilitas dan pengelolaan keuangan yang baik di Bumi Etam,” ujar Muzakkir.

Kemudian tambahnya lagi, dengan adanya aplikasi SIGERAKaltim dan pelaksanaan rekonsiliasi secara berkala diharapkan akan tercipta sistem yang lebih efisien dan transparan dalam pengelolaan keuangan daerah. Yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltim secara keseluruhan.

Peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kaltim dan Biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com