Wali Kota Aditya Luncurkan TPU Lintas Agama Gratis untuk Warga

BANJARBARU – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Lintas Agama diresmikan Rabu hari ini (12/06/2024). Menariknya, ini pertama di Kalimantan Selatan. Peresmiannya dilakukan oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin. Lokasi TPU itu di Guntung Harapan Kelurahan Guntung Manggis. Luas lahannya 3,7 hektare.

Menurut Aditya, TPU lintas agama ini jadi tanda masyarakat Banjarbaru guyub. Beragam, tapi rukun. “Pembangunan TPU ini jadi salah satu modal pembangunan dan penataan Banjarbaru agar lebih baik ke depannya,” katanya. Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat (Disperkim) Banjarbaru, Abdus Samad bilang, setengah dari luas lahan dikhususkan untuk pemakaman umat muslim. “Bagian lainnya untuk umat non muslim (Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghu Chu, red),” paparnya.

Samad menyebut, standar luasan liang pemakaman sesuai Perda berlaku, yakni 1,5 x 2,5 m persegi. Masyarakat kurang mampu di Banjarbaru dapat memakai lahan ini untuk pemakaman. Selain itu, korban kecelakaan yang tak terdata juga memanfaatkannya. “Dari pemakaman dan penggalian makam, gratis,” ujarnya.

Di sisi lain, Pastor Filemon Amel MSF dari Paroki Bunda Maria berterima kasih kepwda Pemko Banjarbaru yang telah menyediakan TPU lintas agama ini. Menurutnya, ini merupakan komitmen Pemko Banjarbaru memperhatikan kerukunan umat beragama di Kota Idaman.“Tidak hanya ini saja, di kehidupan sehari-hari kita harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” pungkasnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com