BMKG Kaltara Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Akhir Pekan, Warga Diminta Waspada

BULUNGAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Utara (Kaltara) mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi pada akhir pekan ini. Berdasarkan informasi yang dirilis BMKG, sejumlah wilayah di Kaltara diidentifikasi berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Di Nunukan, wilayah-wilayah seperti Lumbis Ogong, Lumbis Pansiangan, Lumbis Hulu, Krayan, Sei Menggaris, dan Krayan Selatan diprediksi akan mengalami hujan pada Sabtu (15/06/2024) dan Minggu (16/06/2024) ini. Sementara di Bulungan, hujan berpotensi terjadi di Peso, Tanjung Palas Timur, Lumbis, Peso Hilir, Tanjung Palas Utara, Bunyu, dan sekitarnya.

Kondisi serupa juga diprediksi terjadi di Malinau dan Tana Tidung, dengan potensi hujan di beberapa kecamatan seperti Pujungan, Sesayap, Malinau, Tana Tidung, Bahau Hulu, Malinau Selatan, Malinau Selatan Hilir, dan Malinau Selatan Hulu. Di Tarakan, hujan diprakirakan akan turun pada pagi dan malam hari Minggu.

“Diperkirakan hujan akan turun mulai pukul 20.00 Wita pada malam akhir pekan nanti dengan suhu udara berkisar antara 23 hingga 32 derajat Celsius dan kelembapan 60-100 persen,” jelas BMKG Kaltara dalam keterangan resminya. BMKG juga memperkirakan arah angin akan bergerak ke Tenggara – Barat Daya, dengan kecepatan antara 3 hingga 15 knots. Tinggi gelombang di perairan Kaltara diperkirakan mencapai 0,5 hingga 1,25 meter.

Kepala BMKG Kaltara mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir atau genangan, meluapnya air sungai, angin kencang, pohon tumbang, serta keterlambatan penerbangan. BMKG juga menyarankan agar masyarakat selalu mengikuti perkembangan informasi cuaca terbaru dan tetap waspada dalam menjalani aktivitas di luar ruangan.

[]

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com