Kepala DKP3A Kaltim Apresiasi Pemilihan Duta Genre Kaltim-Kaltara 2024

SAMARINDA – TURUT mempersiapkan Generasi Indonesia Emas 2045, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) dan Ajang Kreativitas tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) Tahun 2024.

Kegiatan itu diikuti duta Genre dari 14 kabupaten/kota yang ada di Kaltim dan Kaltara. Pemenang di ajang tersebut nantinya akan mewakili Kaltim/Kaltara dalam pemilihan Duta Genre tingkat nasional.

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim Noryani Sorayalita hadir membuka malam grand final acara tersebut di Hotel Five Premier, Jalan Bhayangkara, Samarinda, Jumat (14/06/2024).

Kepada awak media usai membuka acara, Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia mengaku mendukung pelaksanaan pemilihan duta Genre yang telah diselenggarakan setiap tahun oleh BKKBN.

“Pemerintah Provinsi Kaltim dan DKP3A mengapresiasi atas dilaksanakan Duta Ganre yang sudah dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan Generasi Indonesia Emas di Tahun 2045 dan kini sudah berperoses. Remaja kita yang sedang mengikuti ajang ini, nanti di tahun 2045 telah menjadi ayah-bunda yang harus dipersiapkan untuk generasi berikutnya,” ujar Soraya, sapaan akrabnya.

Menurut dia, acara ini dapat memberikan semangat kepada remaja lainnya untuk dapat mengikuti ajang tahunan ini. Sehingga dapat berprestasi dan dapat membawa nama daerah keajang yang lebih tinggi.

“Dalam hal ini melalui duta genre menjadi motifasi bagi remaja lainnya untuk berprestasi. Jadi tidak hanya di akademis saja, tetapi berprestasi juga di bidang lainnya,” kata wanita yang menyandang gelar magister bidang manajemen ini.

 

Dikatakan Soraya, saat ini sudah sewajarnya semua pihak ikut memberikan edukasi kepada generasi muda untuk dapat merencanakan kehidupannya ke depan. Sehingga dapat menjadi keluarga yang kokoh dan kelak mampu mencetak putra dan putri berketahanan.

“Sudah seyogyanya suatu keluarga harus direncanakan dengan baik, sehingga kita dapat memberikan pemahaman kepada para remaja tentang pentingnya keluarga berencana. Sehingga dapat menghasilkan generasi yang baik, cerdas dan sehat,” tuturnya.

Soraya juga mengungkapkan, mengapa pemilihan Duta Genre dari Kaltara penyelenggaraannya masih dilakukan di Kaltim. Hal itu dikarenakan belum adanya perwakilan BKKBN daerah di Kaltara. Namun kata dia, hal itu tidak menjadi masalah karena selama ini tetap berjalan dengan baik.

“Karena perwakilan BKKBN di Kaltara belum ada jadi digabung antara Kaltim dan Kaltara. Mungkin dalam waktu dekat kebijakan dari pusat akan dibentuk di Kaltara. Untuk saat ini kan kabupaten/kota di Kaltim belum terlalu banyak, sehingga masih memungkinkan untuk bergabung dengan Kaltim,” tutup Soraya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com