Pj Bupati Makmur Marbun Hadiri Porseni OIG Klasis Kaltim-Kalsel

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menghadiri Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Organisasi Intra Gereja (OIG) Klasis Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kelurahan Gersik, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Sabtu (15/06/24) siang.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dirangkai dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Gereja Toraja di wilayah yang tidak jauh dari pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pj Bupati Makmur Marbun dalam sambutannya mengatakan, saat ini masih dalam suasana Paskah tahun 2024. Oleh karena itu dirinya berharap dapat menjadikan momentum tersebut untuk memupuk rasa persaudaraan dan cinta kasih, semangat kebersamaan, serta meningkatkan nilai-nilai toleransi.

“Kebersamaan ini bukan hanya antar umat Kristiani saja, melainkan juga seluruh umat beragama di Indonesia, khususnya Kabupaten PPU,” kata Makmur Marbun.

Menurutnya, transformasi iman dengan pembaharuan dapat menjadi pemicu bagi semua untuk menjadi semakin lebih baik dari yang sebelumnya.

Untuk itu dia mengatakan, dirinya sebagai Pj Bupati PPU mencoba memberikan yang terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat. Khususnya mereka yang berada dalam kawasan pembangunan Bandara VVIP IKN di wilayah Kelurahan Gersik, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU.

 

Pria yang dikenal tegas ini juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU akan memfasilitasi apa saja yang menjadi kekurangan di wilayahnya. Sehingga maraknya pembangunan IKN serta jalannya pembangunan di PPU akan menjadi setara dan PPU siap menjadi penyangga IKN.

“Maraknya pembangunan IKN, terutama pembangunan Bandara VVIP yang masuk dalam kawasan Kabupaten PPU harus mampu memberikan dampak positif kepada pemilik lahan yang ada di wilayah itu,” ucapnya.

Pemkab PPU tambah dia, selalu mencari cara dan bertindak untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang berada di wilayah pembangunan Bandara VVIP lKN. Salah satunya dengan memberikan pembekalan, serta praktik kerja lapangan yang nantinya akan diprioritaskan untuk bekerja di area Bandara VVIP tersebut.

“Saya tidak mau mereka-mereka ini hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri. Tetapi harus bisa menjadi pelaku utama sebagai tenaga kerja di Bandara VVIP ini nantinya,” tutupnya.

 

Seperti diketahui, kegiatan Porseni OIG itu dilaksanakan berdasarkan kesepakatan bersama dan Kabupaten PPU ditetapkan menjadi tuan rumah kegiatan tersebut di tahun 2024 ini. Kegiatan ini diikuti delapan Gereja Toraja yang tersebar di Klasis Kaltim dan Kalsel.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten PPU Linda Romauli Siregar serta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah itu. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com