Jadi Khotib di Kampus UMKT, Andi Harun Sampaikan Hikmah Berkurban

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun menjadi Khatib dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 Hijriah di Halaman Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Jalan Juanda, Samarinda, Senin (17/6/2024).

“Ibadah Kurban, meneguhkan Islam sebagai Dinurrahman Wassalamah (agama yang rahman dan memberikan keselamatan), yang mengandung esensi ajaran empati sosial dan kemanusiaan yang sumbunya adalah pengorbanan (keikhlasan),” kata Andi Harun dalam khotbahnya.

Dia mengungkapkan, Idul Adha tidak hanya dirayakan oleh umat Islam yang menunaikan ibadah haji saja, tetapi juga oleh seluruh umat muslim. Karena itu, Andi Harun juga menekankan pentingnya ibadah kurban dalam mengokohkan Islam sebagai agama kasih sayang, keselamatan dan kedamaian.

Sholat Idul Adha di halaman UMKT Samarinda diikuti oleh unsur civitas akademika dan warga masyarakat. Momentum tersebut sebagai wujud hubungan yang erat dan harmonis antara Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, kalangan akademisi dan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Andi Harun juga menyumbangkan satu ekor sapi kepada panitia Kurban UMKT yang nantinya daging sapi itu akan dibagikan kepada yang dapat menerimanya sebagai wujud keperdulian sosial dan memperkuat semangat berbagi.

Wali kota juga menggelar Open House di Rumah Dinas Jabatan Jalan Mayjen S Parman, sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi, yang dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Formopimda), unsur perangkat daerah dan masyarakat. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com