Event Internasional EBIFF Akan Digelar di Kaltim

SAMARINDA – SEBUAH even berskala internasional bertajuk East Borneo International Folklore Festival (EBIFF) akan digelar di Bumi Etam. Event yang merupakan gelaran Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ini akan diikuti kelompok kesenian dari 8 negara sahabat.

Tidak hanya itu partisipasi dari beberapa perwakilan provinsi di Tanah Air dan dari kabupaten kota di Kaltim juga akan ikut memeriahkan pesta seni budaya ini. Demikian hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni saat memimpin rapat panitia persiapan penyelenggaraan EBIFF di Ruang Rapat Sekda, Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Rabu (19/6/2024).

“Inikan event internasional, nasional, provinsi dan kabupaten/kota, makanya persiapannya harus matang sehingga pelaksanaannya rapih dan harus menjadi contoh (bagi) kabupaten/kota bahwa kita bisa melaksanakan event besar,” kata Sri Wahyuni.

Dia menambahkan, kegiatan yang akan dipusatkan di Kota Samarinda ini akan diikuti oleh rombongan seni budaya dari negara Bulgaria, Mesir, Jepang, Korea Selatan, Polandia, Amerika Serikat, India dan Rusia.

“Dalam kegiatan EBIFF nanti setiap negara menggelar seni pertunjukan rakyat atau tradisi masing-masing melalui pentas seni, termasuk mengikuti kirab budaya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dispar Kaltim Ririn Sari Dewi menjelaskan, kegiatan EBIFF akan dilaksanakan di beberapa lokasi. Seperti di Stadion Kadrie Oening untuk seremonial pembukaan dan penutupan, Creative Hub Temindung serta Gedung Olah Bebaya untuk penggung pertunjukan seni budaya rakyat. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com