Kepala DPKH Kaltim Terima Kunjungan BRIN

SAMARINDA – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Fahmi Himawan menerima kunjungan delegasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Ruang Pertemuan DPKH Jalan Bhayangkara Samarinda, Rabu (19/6/2024).

Rombongan BRIN yang hadir dari Pusat Riset Ekonomi Perilaku dan Sirkuler adalah Helena J Purba, Rika Reviza Rachmawati dan Ika Inayah. Mereka bermaksud meminta data dan informasi sehubungan dengan riset yang dilakukannya dengan substansi penelitian “Strategi Peningkatan Pasokan (Distribusi) dan Stabilitas Harga Pangan dari Wilayah Penyangga terhadap Ibu Kota Negara dan Kota Besar”.

“Ini dalam rangka audiensi silaturahmi dan untuk melihat sejauh mana upaya kita memberdayakan potensi kita sebagai pentangga IKN (Ibu Kota Nusantara),” kata Fahmi Himawan.

Dihadapan jajaran BRIN dia juga memaparkan terkait Pengembangan Desa Korporasi Ternak (PDKT) yang merupakan program mayor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui DPKH. Program tersebut merupakan upaya mengembangkan kemampuan ke-ekonomian peternak dalam rangka mewujudkan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan pasokan daging lokal.

 

Selanjutnya disampaikan juga DPKH Kaltim telah membuat Aplikasi Sistem Informasi Mini Ranch (SIRANCH) yang telah mendapatkan penambahan fitur-fitur khusus yang bersifat spasial (wilayah) dalam rangka menunjang program PDKT untuk mempermudah pelaporan, pengawasan dan penyampaian data.

“Kami mengharapkan kedepannya, BRIN dan DPKH Kaltim dapat secara lebih intens mengadakan pertemuan-pertemuan untuk lebih memperkuat sinergitas dalam rangka ketahanan pangan bagi Kaltim dalam kedudukannya sebagai penyangga IKN,khususnya pemenuhan kebutuhan akan daging,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com