Curi Uang Rp11,9 Juta, Karyawan Cafe di Samarinda Ditangkap Polisi

SAMARINDA – TIM Elang Kepolisian Sektor (Polsek) Samarinda Kota mengamankan seorang karyawan Cafe Kong The Jie berinisial R (28) yang diduga mencuri uang tunai sebesar Rp11,9 juta. Aksi pencurian itu dilakukan warga Jalan Lumba-lumba, Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir ini berulang kali selama satu bulan terakhir.

Kapolsek Samarinda Kota Kompol Tri Satria Firdaus menyatakan, kasus tersebut terungkap setelah manajemen kafe yang berlokasi di Jalan Agakhan No. F1 Rt. 003 Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota itu, melaporkan adanya kehilangan uang tunai dalam jumlah besar.

Untuk bisa mengambil uang tersebut, biasanya tersangka memanfaatkan situasi sepi di dalam kafe. Rus kemudian naik ke lantai dua dan mengambil uang yang ada di dalam laci meja. Mengetahui kerap uang hilang, pemilik kafe kemudian mengecek ke kamera CCTV hingga terkuak siapa dalang pencurian.

“Rekaman CCTV menunjukkan pelaku berulang kali mengambil uang tunai di lantai dua selama satu bulan,” ungkap Kapolsek Tri Satria Firdaus kepada wartawan di Kantor Polsek Samarinda Kota, Kamis (20/06/2024).

Menerima laporan, Unit Reskrim Polsekta Samarinda Kota kemudian membekuk pelaku, Rabu (19/6) sekitar pukul 18.20 Wita. Pelaku kemudian dibawa ke kantor polisi. Setelah ditangkap, pelaku R mengakui perbuatannya dan menyatakan bahwa uang hasil curian digunakan untuk membeli pakaian, sandal, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kini, pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum. Ia dijerat dengan Pasal 362 Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP tentang Pencurian, yang mengancam dengan hukuman penjara.

Kompol Tri Satria Firdaus mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan segera melaporkan jika menemukan tanda-tanda kriminalitas di sekitar mereka. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Ikuti perkembangan kasus ini hanya di [Berita Borneo](https://beritaborneo.com).

#GakumTegasHumanis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com