Hadiri Diskusi Politik, Andi Harun Nilai 4 Kandidat Bacawawali

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun menghadiri acara Diskusi Politik Pilkada Samarinda 2024-2029 yang mengambil tema “Siapa Kandidat Bakal Calon Wakil Wali Kota Layak Dampingi Andi Harun 2024-2029?” yang digelar di Cafe Setiap Hari Kopi, Jalan Juanda Samarinda, Minggu (23/6/2024).

“Saya kira para calon wakil wali kota malam ini tampil dengan kapasitas masing-masing, memiliki keunggulan di bidang masing-masing,” kata Andi Harun menanggapi penampilan para bakal calon wakil wali kota (bacawawali).

Yang hadir dalam diskusi politik tersebut adalah empat orang kandidat bacawawali, yaitu Syaparuddin (Ketua Tim Walikota Samarinda untuk Akselerasi Pembangunan/TWAP), Agus Tri Susanto (Sekretaris DPRD Kota Samarinda), Saefudin Zuhri (Anggota DPRD Kalimantan Timur) dan Daniel Mahendra Tuniar (CEO Cahaya Fajar Kaltim).

Para bacalonwawali tersebut masing-masing berusaha memaparkan gagasan dan ide-ide terkait pembangunan Kota Samarinda dan juga visi serta misi cemerlang mereka.

“Dan gagasannya pun yang disampaikan tadi juga akan dimasukan dalam bagian pokok-pokok pikiran dan juga akan kami tuangkan dalam visi misi yang akan datang 2024-2029,” ujar Andi Harun.

Dia menyampaikan juga salah satu contoh ide gagasan para peserta itu seperti kebutuhan akan dana pembangunan yang berasal dari luar APBD, seperti berupa investasi sektor swasta.

Kemudian Andi Harun juga menguatkan gagasan mengenai investasi itu akan tumbuh dengan signifikan apabila kota ini dilengkapi utilitas berupa ketersediaan infrastruktur dengan fasilitas yang memadai serta baik, yang dapat mendukung pengembangan sektor usaha, juga utilitas publik lainnya.

“Tingkat suku bunga yang kompetitif yang mendukung dunia usaha. Lalu birokrasi yang melayani, birokrasi yang simpel yang inklusif, dan semua hal yang mendukung kekuatan daerah untuk menunjang perannya sebagai destinasi investasi yang baik dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

 

Andi Harun juga mengungkapkan isu-isu lainnya yang disampaikan seperti mengenai masalah pengendalian banjir yang merupakan program berkelanjutan untuk periode masa kepemimpinan mendatang.

“Karena pada periode ini masalah banjir tersebut belum dapat secara tuntas terselesaikan sehingga akan kita lanjutkan untuk periode lima tahun selanjutnya karena masalah ini sudah terjadi sejak puluhan tahun yang lalu sehingga butuh waktu yang panjang dan gagasan yang taktis operasional untuk penyelesaiannya,” ungkapnya.

Andi Harun memberikan apresiasi kepada para kandidat dan audiens atas partisipasi aktif mereka dalam diskusi itu. Dia berharap agar kegiatan semacam ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai siapa yang paling layak untuk mendampinginya dalam memimpin Kota Samarinda pada periode lima tahun mendatang. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com