Banjarmasin Sambut Kloter Pertama Jemaah Haji, Imigrasi Kemenkumham Kalsel Siap Melayani

BANJARMASIN – Jajaran petugas keimigrasian Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyambut langsung kedatangan jemaah haji kloter satu di Debarkasi Banjarmasin. Acara penyambutan berlangsung di Aula Asrama Haji Banjarmasin, Landasan Ulin, pada Minggu (23/06/2024) yang turut dihadiri Gubernur Kalsel, H Sabirin Noor (akrab disapa Paman Birin).

Kloter pertama yang berasal dari Kabupaten Banjar ini telah diperkenankan untuk kembali ke rumah masing-masing setelah menjalani serangkaian proses di Debarkasi Banjarmasin. Kloter pertama Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 320 orang jemaah calon haji, namun yang kembali dalam Debarkasi adalah 319 orang.

Rincian jemaah yang kembali terdiri dari 149 laki-laki dan 170 perempuan. Satu orang jemaah masih dalam kondisi sakit dan akan dipulangkan melalui kloter yang berbeda. Dalam sambutannya, Paman Birin mengucapkan selamat datang kembali di tanah air kepada para jemaah haji. Ia juga mendoakan agar ibadah haji yang telah dilaksanakan diterima Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur.

“Ini semua patut disyukuri, karena seluruh jemaah telah menunaikan rukun iman kelima yakni melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Saya sangat bersyukur bahwa para jemaah bisa kembali dalam keadaan selamat tanpa kurang satu apapun,” ujar Paman Birin.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman, turut menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji tahun ini. “Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras demi kelancaran proses keberangkatan dan pemulangan jemaah haji.

Terutama kepada jajaran Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah dan Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin yang telah berkontribusi besar dalam memfasilitasi dokumen perjalanan haji,” ungkap Taufiqurrakhman secara terpisah. Mengakhiri sambutannya, Paman Birin, atas nama Pemprov Kalsel, mengucapkan selamat datang kembali kepada para jemaah haji. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com