Terdengar Ledakan, Bangunan di Asrama Kodim Tenggarong Hangus Terbakar

TENGGARONG – SATU bangunan di Jalan Asrama Kodim Jelawat habis dilahap si jago merah, Senin (24/06/2024) pukul 10.00 Wita.

Meski belum bisa dipastikan penyebab, namun seperti penuturan Zainal, salah satu warga sekitar, diasumsikan penyebab kebakaran berasal dari tabung gas elpiji. Sebab Zainal mengaku sempat mendengar suara ledakan sebanyak dua kali dari arah dapur, sebelum api menghanguskan bangunan tersebut.

Masih kata Zainal, saat kejadian kondisi rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal pemiliknya bekerja. Meski bangunan yang terbakar itu dikelilingi banyak terdapat sumber air, namun warga kesulitan untuk memadamkan api saat api masih dalam keadaan kecil. Sebab akses menuju sumber kobaran api sangat jauh, dan kondisi pintu rumah dalam keadaan terkunci.

Ia bersama warga lainnya sangat panik, ketika api tiba-tiba membesar. Akhirnya warga membongkar paksa gembok rumah tersebut. Namun untuk ketiga kalinya terjadi ledakan menyebakan warga kembali tidak dapat memadamkan api. Tak selang beberapa lama, mobil pemadam kebakaran sudah sampai di lokasi.

“Rumah keadaan terkunci, kita panik bagaimana kita padamkan, kondiri rumah dikelilingi genangan air,” tutur Zainal.

 

Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengerahkan seluruh peralatan pemadam kebakaran untuk ke lokasi. Pemadaman api berangsur cepat, sekitar setengah jam api telah berhasil dipadamkan.

“Allhamdulillah kami dihadapkan dengan lokasi yang banyak sumber air, sehingga api dapat dipadamkan dengan cepat,” kata Kepala Pelaksana Disdamkar Kukar Fida Hurasani. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com