Buka Prodi Ekonomi Syariah, FAI Unikarta Jawab Kebutuhan Masyarakat

TENGGARONG – TAHUN ini, Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Kertanegara (Unikarta) membuka program studi (prodi) baru, yakni Ekonomi Syariah. Dekan FAI Unikarta Mubarak mengungkapkan, Ekonomi Syariah merupakan prodi baru di Fakultas Agama Islam Unikarta yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

“Kami sudah mengantongi izin penyelenggaraan dari Kementerian Agama Nomor 339 Tahun 2024 untuk membuka Prodi Ekonomi Syariah ini,” ucap Mubarak saat disambangi beritaborneo.com di ruang kerjanya, Selasa (25/06/2024).

Mubarak menyebut pendirian program studi ini bertujuan untuk mendorong para mahasiswa FAI Unikarta tidak hanya fokus menjadi tenaga pendidik, tetapi juga ahli dalam bidang ekonomi syariah.

“Banyak pihak mengatakan lulusan FAI hanya menjadi guru agama saja. Pandangan stereotype tersebut diharapkan akan berkurang setelah adanya prodi ini,” harapnya.

Dia mengatakan, pembukaan prodi baru tersebut sejalan dengan visi Unikarta yang ingin menjadikan perguruan tinggi ini maju berdasarkan Tridarma Perguruan Tinggi. Dengan misi untuk pengabdian masyarakat, FAI telah berhasil mengembangkan program studi yang berkualitas dan memiliki landasan keilmuan yang kuat.

Karena itu dirinya memandang pentingnya kurikulum yang adaptif, sesuai dengan regulasi dan kebutuhan industri, termasuk penerapan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Selain itu lanjut Mubarak, FAI juga mendorong dosen untuk meningkatkan kualifikasi mereka hingga ke jenjang S3 dan aktif dalam menulis artikel ilmiah. Mahasiswa juga dibekali dengan keterampilan keilmuan melalui program-program seperti Tilawati dan BTQ.

“Dalam bidang pengabdian masyarakat, FAI aktif berkolaborasi dengan berbagai organisasi eksternal dan pemerintah,” imbuhnya.

Menghadapi tantangan internal dan eksternal, Dekan FAI menekankan pentingnya sarana dan prasarana yang memadai serta kebijakan yang mendukung pengembangan fakultas. Ia berharap, FAI dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, baik melalui pendidikan maupun pengabdian.

“Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, FAI berusaha untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga memiliki soft skill dan kemampuan kepemimpinan yang kuat. FAI terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan memastikan setiap lulusan siap menghadapi tantangan di dunia kerja,” paparnya.

Di akhir wawancara, Dekan FAI menyampaikan harapannya bahwa alumni FAI dapat terus berkontribusi positif bagi masyarakat dan menjadi duta yang baik bagi almamater mereka. []

Penulis: Nur Rahma Puteri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com