Diskominfo Samarinda Beri Edukasi Internet Sehat pada Anak

SAMARINDA – KEPALA Bidang (Kabid) Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Dinas Komunikasi dan Informarika (Diskominfo) Kota Samarinda Syamsul Anwar jadi narasumber dalam acara Penguatan dan Pengembangan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

Acara yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda bekerjasama dengan Diskominfo Kota Samarinda ini dilaksanakan di LSKA Siti Khadijah, Jalan Merdeka, Samarinda, Selasa (25/6/2024).

Syamsul Anwar memberikan edukasi soal bermedia sosial secara sehat, yang menjelaskan tentang dampak negatif penggunaan alat komunikasi handphone (hp) atau gadged bagi anak.

“Gadged adalah media yang digunakan sebagai alat komunikasi modern,” ujarnya.

Lalu sambungnya lagi, dengan menggunakan gadged dapat semakin mempermudah kegiatan komunikasi manusia yang penggunanya terus bertambah dari berbagai kalangan dan usia.

“Penggunaan internet melalui gadged di kalangan anak-anak telah mengalami perkembangan yang signifikan. Dengan internet memainkan peran penting dalam kehidupan mereka,” ujarnya.

Menurut Syamsul Anwar, penggunaan gadged ini memiliki beberapa keutamaan, seperti dapat mempermudah akses terhadap informasi, pendidikan, komunikasi, hiburan dan kreatifitas.

Namun demikian tambahnya lagi, dia mengingatkan kepada anak-anak panti dan pengasuhnya yang menjadi peserta dalam acara itu bahwa dibalik sejumlah manfaatnya internet juga dapat memberikan dampak negatif yang perlu menjadi perhatian serius, sehingga bagi pengguna anak-anak agar orang tua dapat senantiasa memberikan bimbingan dan pendampingan. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com