DLH Samarinda Gelar Uji Emisi Kendaraan Bermotor

SAMARINDA – PASTIKAN kendaraan bermotor yang beroperasi di Kota Samarinda memenuhi standar baku mutu emisi gas buang yang telah ditentukan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda melaksanakan giat uji emisi gas buang kendaraan bermotor di Halaman GOR Segiri Samarinda, Selasa (25/6/2024).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama DLH Samarinda dengan DLH Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Satuan Lalulintas Polresta Samarinda dan Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Ada pula beberapa partisipan dari pelaku usaha bidang otomotif, seperti PT Mahakam Berlian Samjaya, PT Kaltim Daya Mandiri, Auto 2000, PT Daihatsu Internasional dan beberapa pihak lainnya.

“Giat ini ditujukan untuk semua jenis kendaraan bermotor, termasuk kendaraan pribadi, kendaraan komersial dan kendaraan dinas instansi pemerintah, baik yang berbahan bakar bensin maupun solar,” jelas Kepala BLH Kota Samarinda Endang Liansyah.

Pelaksanaan uji emisi ini lanjut Endang, menggunakan alat uji emisi gas buang yang telah terkalibrasi. Sehingga terjamin akurasi pengukurannya dan telah terstandarisasi secara nasional.

“Ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perawatan kendaraan dan dampaknya terhadap lingkungan,” ujarnya.

 

Berlangsung dari pukul 09.00 Wita hingga berakhir sekitar pukul 14.30 Wita, jumlah kendaraan bermotor yang mengikuti uji emisi gas buang ini sebanyak 545 unit. Terdiri dari kendaraan bermesin diesel sebanyak 84 unit, 461 unit kendaraan bermesin bensin, ditambah 158 unit roda dua.

Hasil uji emisi gas buang kendaraan bermotor, sebanyak 82 kendaraan bermesin diesel lulus uji dan dua kendaraan tidak lulus uji. Sementara 461 unit kendaraan bermesin bensin lulus uji semua. Sedangkan 151 unit kendaraan roda lulus uji dan tujuh lainnya tidak lulus uji emisi.

“Dengan adanya uji emisi gas buang ini diharapkan kualitas udara di Kota Samarinda dan sekitarnya akan semakin membaik serta bisa memberikan contoh positif bagi daerah lain,” tutup Endang Liansyah. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com