Genangan Air di Malinau Barat Akibat Hujan Deras, BPBD Imbau Warga Berhati-hati

MALINAU – Curah Hujan tinggi di Malinau, Kalimantan Utara pada pekan ini mengakibatkan sejumlah daerah tergenang, Selasa (25/06/2024). Beberapa titik ruas jalan diantaranya di Desa Sempayang Malinau Barat tergenang akibat hujan deras semalaman.

Sebelumnya diberitakan wartawan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjng Harapan mengingatkan potensi hujan tinggi di Malinau sepanjang akhir Juni 2024. Meliputi sebagian besar Malinau, kecuali pada Kecamatan Kayan Hulu, Kayan Selatan, Sungai Boh, Kayan Hilir, memiliki peluang sifat hujan paling basah.Daerah di wilayah hulu Malinau sebagian besar akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi dibanding kabupaten kota lain di Kaltara berdasarkan Laporan BMKG mulai 21-30 Juni 2024.

Pagi ini, Selasa (25/06/2024) ruas jalan di Sempayang Malinau Barat dilaporkan tergenang. Masyarakat diminta agar berhati-hati melalui daerah-daerah tertentu terutama wilayah dataran rendah. “Daerah Jalan Sempayang dilaporkan tergenang sejak pagi tadi karena hujan deras. Masyarakat yang melalui jalan diimbau berhati-hati,” ujar Ketua Relawan Masyarakat Peduli Bencana Malinau, Anwar, Selasa (25/06/2024).

Saat ini, kondisi jalan yang tergenang dilaporkan mulai surut. Ruas jalan yang sebelumnya tak dapat dilalui perlahan mulai dapat dilewati kendaraan. Kepala Pelaksana BPBD Malinau, Iwan Darma Yuana mengingatkan potensi hujan tinggi berlanjut di Malinau sepanjang Juni 2024. Warga dan pengguna jalan diharapkan berhati-hati di area rawan. Karena curah hujan tinggi tidak hanya berpotensi banjir juga kerawanan longsor di sejumlah perbukitan. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com