PD Muhammadiyah Tenggarong Gelar Pelatihan Mengaji Metode Ummi

TENGGARONG  – PIMPINAN Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan guru mengaji dengan metode Ummi bagi guru-guru Sekolah Muhammadiyah se-Kecamatan Tenggarong.

Kegiatan pelatihan yang bekerjasama dengan Ummi Foundation, sebuah lembaga penjamin mutu pendidikan Al Quran itu diikuti 42 peserta yang merupakan guru-guru Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba), mulai jenjang Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di lingkungan pendidikan Muhammadiyah.

Ketua Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen dan PNF) PD Muhammadiyah Kukar Rifadil menjelaskan, kegiatan yang berlangsung pada 24 hingga 25 Juni 2024 itu bertujuan untuk meningkatkan mutu guru Ismuba yang ada di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

“Kami berharap guru-guru di Muhammadiyah dapat memberikan pembelajaran Al-Qur’an yang mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati sehingga dapat menciptakan generasi Qur’ani,” kata Rifadil ditemui di Aula TK ABA 1 Tenggarong, Selasa (25/06/2024).

 

Dia mengatakan, penyelenggaraan kegiatan pelatihan Ummi ini sangat erat kaitannya dengan peningkatan mutu guru AUM. Dengan demikian, para guru yang dilatih Ummi akan menjadi pionir di sekolah masing-masing. Selain mengimplementasikan ilmunya ke peserta didik juga kepada para tenaga pendidik dan kependidikan.

“Bukan hanya siswa, tapi pelatihan ini juga dapat memperkaya pengetahuan kami. Mungkin ada beberapa dari kami yang belum tahu, namun sekarang menjadi paham dan siap untuk mengajarkan kepada para peserta didik masing-masing. Semoga apa yang kami lakukan untuk kebaikan bangsa dan agama selalu menjadi amal jariyah untuk kami,” jelasnya.

Sementara Tutor Ummi Foundation Wahyu mengapresiasi PDM dan PDA Kukar yang telah memberikan kepercayaan penuh untuk melatih serta membimbing para guru-guru AUM Kukar.

“Ucapan terimakasih kami kepada seluruh peserta dan khususnya pengurus PDM dan PDA Kukar atas dukungan serta partisipasinya,” ucap Wahyu. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com