Sekda Kaltim Buka Acara Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD 2025-2029

SAMARINDA – BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar acara Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2025-2029 di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (25/6/2024).

Acara yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni itu mengangkat agenda penyusunan yang berfokus pada Peta Jalan Transformasi Ekonomi di Kaltim selama lima tahun ke depan.

Rancangan Teknokratik RPJMD mengandung pengertian merupakan suatu proses dalam perencanaan pembangunan daerah yang disusun dengan menggunakan metode dan kerangka berfikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah.

“Untuk itu sangat dibutuhkan kajian yang konkrit dengan membaca kondisi eksisting yang sedang kita jalani saat ini dengan data yang valid, sehingga diperlukan keluasan wawasan dalam mencermati perkembangan dan kebutuhan masyarakat,” jelas Sri Wahyuni.

Sementara rancangan teknokratik RPJMD Kaltim 2025-2029 merupakan dokumen perencanaan lima tahunan yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dengan sepenuhnya menggunakan pendekatan teknokratik berdasarkan kajian akademis dan metodologi ilmiah terhadap kondisi, potensi, masalah dan isu-isu strategis dalam lima tahun ke depan.

“Kita menekankan pentingnya peran Kalimantan Timur sebagai penggerak ekonomi utama di Kalimantan dan Wilayah Timur Indonesia, terutama dengan kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahkan Kaltim berkontribusi sekitar 48 persen terhadap ekonomi regional Kalimantan, sesuai dengan lirik yang terkandung dalam lagu Mars Kalimantan Timur yang menekankan kesejahteraan seluruh Kalimantan,” pungkas Sri Wahyuni.

Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Kaltim 2025-2029 dan Peta Jalan Transformasi Ekonomi Kaltim ini menghadirkan narasumber Direktur Regional II Kementerian PPN/Bappenas Muhammad Roudo, Direktur Makro dan Analisis Statistik Kementerian PPN/ Bappenas Eko Chandra Buana, Direktur Perencanaan Makro Otorita IKN serta kepala dan perwakilan perangkat daerah lingkup Provinsi Kaltim juga akademisi dari perguruan tinggi yang ada di Kaltim. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com