Bareng PWI Kaltim, Diskominfo Samarinda Gelar UKW

SAMARINDA – DINAS Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda bekerja sama dangan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyelenggarakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

Kegiatan dilaksanakan mulai Rabu 26 Juni 2024 sampai dengan Kamis 27 Juni 2024 di Bagyo’s Cafe, Jalan KH Abdurrasyid, Samarinda itu dibuka Pelaksana Harian (Plh) Kepala Diskominfo Samarinda Syamsul Anwar.

“Dengan pelaksanaan UKW ini diharapkan dapat menghasilkan wartawan yang profesional yang mampu menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan mampu menyajikan berita yang faktual,” kata Syamsul Anwar membacakan pidato arahan Wali Kota Samarinda.

Dia berharap, dalam menyajikan berita agar wartawan dapat berimbang dan bersifat netral, selalu berpedoman pada Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Dengan adanya standar kompetensi yang dimiliki wartawan (Muda, Madya dan Utama) sesuai tingkatannya, akan menjadi barometer kualitas dan juga menjadi tolak ukur dalam mengevalusi kemampuan jurnalistik yang dimiliki,” jelasnya.

 

Syamsul menambahkan, arti penting UKW karena menjadi syarat bagi perusahaan media yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers. Yaitu untuk posisi Pemimpin Redaksi harus dijabat oleh yang telah memiliki sertifikat kompetensi Wartawan Utama.

Kemudian Redaktur untuk yang telah memiliki sertifikat kompetensi Wartawan Madya dan Wartawan Liputan atau Reporter bagi yang memiliki sertifikat kompetensi Wartawan Muda.

“Dalam era digital dewasa ini, di mana dengan melalui internet dan media sosial begitu cepat serta mudah berita tersebar, baik itu negatif maupun positif, fakta maupun hoax. Karena itu dengan penyelenggaraan UKW ini diharapkan akan wartawan dapat semakin berkualitas dan mampu memfilter bahan-bahan berita sebelum disajikan ke publik,” pungkas Syamsul Anwar. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com