Fahmi Himawan Paparkan Proyek Perubahan PDKT

SURABAYA – KEPALA Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kepala DPKH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengangkat Pengembangan Desa Korporasi Ternak (PDKT) sebagai Proyek Perubahan dalam Seminar Implementasi pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2024 yang dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Rabu (26/6/2024).

“Pendekatan PDKT yang akan dibangun secara komitmen dan konsisten adalah berbasis Agribisnis dan Kawasan Terpadu, Berkelanjutan dan Kolaboratif melalui Transformasi Sistem Tatakelola. Atau dapat juga disingkat menjadi akronim PDKT Awas Tuberkolosis,” jelas Fahmi Himawan ketika memaparkan isi karya ilmiahnya.

PDKT yang juga telah menjadi Major Project Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, sambung Fahmi, mempunyai maksud membentuk usaha peternakan berbasis korporasi peternak yang berlokasi di desa-desa wilayah Kaltim.

Proyek ini merupakan strategi pembangunan yang melibatkan partisipasi masyarakat desa dalam membentuk kelompok peternak yang bekerjasama dalam mengembangkan usaha ternak dengan profit dan berkontribusi mendukung ketahanan pangan lokal juga nusantara.

 

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni yang bertindak selaku mentor mengapresiasi proyek perubahan yang dilaksanakan oleh Fahmi Himawan ini.

“Dengan PDKT, tatakelola pengembangan ternak di Kaltim bisa dibuat begitu komprehansif. Tidak hanya dari sisi kuantitas, namun juga memperhatikan kualitas anggota. Kemudian peningkatan aktualisasi peternak, sehingga peternak tidak hanya mengurus kegiatan ternak semata, tetapi juga diperkenalkan dengan masalah kelembagaan dan diberdayakan manajemennya,” tutur Sri Wahyuni. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com