Pj. Bupati PPU Buka Khitanan Masal di Kelurahan Pantai Lango

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun membuka kegiatan khitanan massal yang digelar di kelurahan Pantai Lango, kecamatan penajam, Sabtu, (29/6/2024).

Dalam sambutannya Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengatakan, khitanan massal merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat, terutama bagi keluarga yang membutuhkan.

“Pemerintah daerah selalu peduli terhadap masyarakatnya. Kegiatan khitanan massal Ini salah satu wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat di Kabupaten PPU,” kata Makmur Marbun.

Makmur Marbun menambahkan, sektor kesehatan merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas di Kabupaten PPU. Oleh karennya sambung dia, berbagai fasilitas kesehatan bagi masyarakat telah diberikan untuk memberikan kemudahan terhadap akses kesehatan di Kabupaten PPU.

Lebih jauh tambah dia, selain sebagai bagian dari ibadah dan tradisi dalam Islam, khitan juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. “Berkhitan bukan saja melaksanakan perintah agama, tetapi juga merupakan bagian untuk menjaga kesehatan kita, khususnya kesehatan organ reproduksi,” ujarnya.

“Melalui kegiatan ini secara langsung atau tidak langsung dapat menanamkan pendidikan kepada anak tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, sejak usia dini,” tambahnya.

Kegiatan khitanan tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten PPU dengan Tim Perkutut’s Hunter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung PPU. Hadir dalam kegiaatan ini Lurah Pantai Lango, Sauqi dan Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung, Dr. Lukasiwan Eddy Saputro.

 

Dalam khitanan ini sebanyak 50 anak-anak yang mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan di Kantor Lurah Pantai Lango, Kecamatan Penajam. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com