DiskopUKM Kukar Tawarkan Pelatihan Kepada Para Pelaku UMKM

TENGGARONG – BANYAK pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) baru bermunculan. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Pemberdayaan UKM, kini sediakan pelatihan dengan paket lengkap.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan UKM (DiskopUKM) Kukar Fathul Alamin mengatakan, sejalan dengan yang terus bermunculan UMKM, pihaknya mengundang masyarakat yang berkeinginan membuka usaha untuk mengikuti pelatihan. Pemberian materi akan disampaikan langsung oleh tenaga ahli yang berpengalaman serta dinilai sukses dalam menjalankan UMKM.

“Pada tahun 2024 ini kami sudah buka pelatihan di 14 kecamatan dengan masing-masing sebanyak 200 peserta setiap kecamatannya,” ucap Fathul Alamin kepada beritaborneo.com di Tenggarong, Beberapa waktu lalu (01/07/2024).

Dia menjelasakan, pelatihan tersebut dimulai dari menciptakan kemasan produk agar tampil lebih menarik dengan menggunakan peralatan yang ekonomis. Pelatihan itu kata dia sangat diperlukan, mengingat masih banyak pelaku UMKM berpandangan bahwa mengemas produk dengan menarik membutuhkan peralatan yang mahal.

“Padahal bisa menggunakan cara-cara yang tidak memerlukan biaya yang mahal. Sehingga dengan kemasan yang baik dan ekonomis, produk yang dijualkan akan menghasilkan keuntungan lebih besar dari menekan pembiayaan tersebut,” paparnya.

“Selama ini masih banyak UMKM yang mengupah orang untuk membuat label produk. Padahal mereka bisa buat sendiri di handphone masing-masing menggunakan aplikasi canva atau sejenisnya,” sambung dia.

Selanjutnya, pihaknya juga melakukan pelatihan kepada pelaku usaha dalam menjualkan hasil produknya di toko digital, seperti Shoope dan Tokopedia. Pendampingan terus dilakukan agar penjualan mereka di toko digital terus meningkat.

Fathul berharap, dengan terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM, mereka dapat meningkatkan usaha dan pendapatannya. Serta, produk yang dihasilkan dapat dikenal, tidak hanya di dalam wilayah, bahkan bisa dikenal di luar wilayah Kukar. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com