Kemenag Kalbar Pastikan Kenyamanan Jamaah Haji Saat Pulang

PONTIANAK – Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Muhajirin Yanis mengatakan pihaknya bersama Pemprov Kalbar dan PPIHD setempat terus melakukan persiapan guna menyambut kedatangan jamaah haji asal Kalbar yang akan kembali ke tanah air mulai 9 Juli 2024.

“Kkepulangan jamaah haji Kalbar yang terdiri atas kloter 16 hingga 21 akan berlangsung pada 9 hingga 15 Juli 2024. Untuk itu kita terus bersiap untuk menyambut kepulangan saudara kita,” kata Mihajirin di Pontianak, Senin. Dia mengatakan, pihaknya bersama PPIHD akan memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji yang telah menyelesaikan ibadahnya di Tanah Suci.

Untuk memberikan layanan maksimal, Kemenag Kalbar telah menyiapkan hotel transit bagi jamaah haji yang berasal dari kabupaten yang jaraknya jauh. Jamaah dari daerah yang lebih dekat diperkenankan langsung pulang. “Jamaah haji dari Kabupaten Mempawah tetap akan masuk ke hotel transit untuk menyelesaikan urusan koper dan lain-lain sebelum kembali ke daerah asal dengan kendaraan pribadi,” tuturnya.

Mengingat mobilisasi jamaah yang cukup besar, Muhajirin menuturkan bahwa kesiapan pihak pengamanan dari Satpol PP dan dinas perhubungan sangat diperlukan untuk mengatur lalu lintas kendaraan menuju hotel transit. “Kerja sama yang baik antara berbagai pihak sangat diperlukan untuk memastikan kelancaran proses ini,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalbar, Mulyadi, selaku PPIHD Kalbar menyatakan bahwa jadwal dan mekanisme penerbangan kepulangan jamaah haji Kalbar telah disusun dengan matang. Tiga kali penerbangan dari Embarkasi Batam menuju Bandara Supadio di Kubu Raya telah dijadwalkan.

“Kami sudah menyusun jadwal kepulangan jamaah haji Kalbar dengan tiga kali penerbangan dari Embarkasi Batam menuju Bandara Supadio. Setelah itu, jamaah akan diantar ke daerah masing-masing,” kata Mulyadi. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com