Marbun: Linmas Miliki Peran Penting Berikan Situasi Aman di Lingkungan Masyarakat

BABULU – PERLINDUNGAN masyarakat adalah salah satu prioritas utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU). Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) memegang peran penting dalam menjaga keamanan serta ketertiban di tingkat lokal.

Perihal ini dikatakan Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun saat menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi (Rakor) satuan Linmas se-Kecamatan Babulu, Senin (1/7/2024).

“Satuan Linmas memiliki peran penting dalam memberikan situasi yang aman di lingkungan masyarakat,” kata Makmur Marbun.

Menurut Makmur Marbun, tantangan kompleks yang dihadapi saat ini memerlukan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, aparat keamanan, dan seluruh elemen masyarakat.

Linmas sebagai garda terdepan dalam situasi darurat atau konflik lokal kata Marbun, memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kecamatan Babulu.

“Saya berharap tanggung jawab yang diberikan baik oleh pemerintah daerah maupun seluruh masyarakat ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” harap pria yang dikenal tegas ini.

Rakor ini tambah Marbun, sangat penting untuk menyusun strategi yang efektif dalam memperkuat peran Linmas di kabupaten PPU. Dirinya mengajak seluruh peserta rapat untuk berdiskusi dengan terbuka, saling bertukar informasi dan pengalaman serta menghasilkan keputusan yang terbaik untuk kepentingan bersama.

“Marilah kita jadikan rapat ini sebagai momentum untuk memperkuat sinergi dan meningkatkan efektivitas dalam melindungi masyarakat kita,” tuturnya.

Direktur Produk Hukum Daerah pada Direktorat Otonomi Daerah ini juga menekankan pentingnya forum rakor tersebut untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan menyamakan persepsi guna mempererat solidaritas jajaran Linmas se-kecamatan Babulu.

“Apalagi sebentar lagi kita akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Diskusi, tukar pikiran, menyamakan presepsi guna memepererat solidaritas dan langkah-langkah nyata sebagai implementasi kebijakan secara konsisten sangat dibutuhkan,” tuturnya.

 

Dalam kesempatan ini Makmur Marbun juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang hadir dan berkontribusi dalam rakor tersebut.

Acara ini juga bertujuan untuk menyusun strategi yang efektif dalam memperkuat peran Linmas, meningkatkan kesiapan, dan kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

“Semoga hasil dari rapat ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi perlindungan dan keamanan masyarakat di daerah kita,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri Camat Babulu, Kanship dan unsur Muspika Kecamatan Babulu, kepala desa dan perangkat desa, serta anggota Linmas se-Kecamatan Babulu. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com