Polresta Samarinda Gelar Upacara HUT Bhayangkara ke-78

SAMARINDA – HARI Bhayangkara ke-78 tahun 2024 diperingati Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda dengan menggelar upacara di halaman Mapolresta Samarinda, Jalan Slamet Riyadi, Samarinda, Senin (1/07/2024).

Acara yang dimulai pukul 08.00 Wita ini mengangkat tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli memimpin upacara sebagai Inspektur Upacara, didampingi Wakasat Lantas Polresta Samarinda AKP Purwo Asmadi yang bertugas sebagai Komandan Upacara.

Upacara tersebut dihadiri berbagai pejabat penting, termasuk Danramil Sungai Kunjang yang mewakili Dandim 0901 Samarinda Mayor Cba. Priyono; Ketua Pengadilan Negeri Samarinda Darius, Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda Firmansyah Subhan serta Kepala Rutan Kelas II Samarinda dan pejabat lainnya.

Sementara peserta upacara terdiri dari berbagai satuan dan elemen masyarakat. Termasuk TNI, anggota Samapta Polresta Samarinda, satu pleton Brimob Polda Kaltim Batalyon B, satu pleton gabungan staf Polresta Samarinda, dan kompi gabungan yang terdiri dari Sat Pol PP, BPBD, PMI, Jasa Raharja, Senkom, dan Saka Bhayangkara Kota Samarinda.

Rangkaian upacara, dimulai dengan persiapan pasukan dan masuknya Komandan Upacara ke lapangan.

Setelah laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, acara dilanjutkan dengan lagu Mars Polri, penghormatan pasukan, pemeriksaan pasukan oleh Kapolresta Samarinda, dan mengheningkan cipta.

Kemudian, kegiatan upacara dilanjutkan dengan pengucapan Tribrata, pembacaan doa, lagu Hymne Polri, dan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara.

Penghormatan pasukan dan laporan perwira upacara menandai akhir dari rangkaian upacara.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli menekankan, Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap dedikasi dan kerja keras Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dengan tema Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas, diharapkan Polri dapat terus berkontribusi, dalam pembangunan nasional, khususnya dalam menciptakan transportasi yang inklusif dan berkelanjutan,” jelasnya kepada awak media.

“Marilah kita jadikan peringatan Hari Bhayangkara ini sebagai momentum untuk introspeksi diri, memperkuat komitmen, dan terus berinovasi demi mewujudkan Polri yang semakin profesional, modern, dan terpercaya,” sambunga Ary Fadli.

Selain upacara, kegiatan juga diisi dengan berbagai penampilan menarik, termasuk atraksi Polisi Cilik dan pertunjukan barongsai dari FOBI Kaltim. Upacara ditutup dengan pemotongan tumpeng dan acara syukuran di Aula Mapolresta Samarinda. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com