Resmikan Kantor Desa dan Gedung SMP, Bupati Kukar Diapresiasi Masyarakat Desa dan Guru

TENGGARONG SEBERANG – BUPATI Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Kantor Desa Loa Lepu sekaligus SMP PGRI 15 Tenggarong Seberang, di Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kukar, Senin (1/7/2024).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Loa Lepu Sumali menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dan Bupati Edi Damansyah sehingga Kantor Desa Loa Lepu dapat berdiri dan diresmikan hari ini.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Bapak Bupati Edi Damansyah yang telah memberikan bantuan anggaran untuk pembangunan Kantor Desa Loa Lepu yang sangat representatif ini. Sehingga kantor ini akan menjadi tempat pelayanan yang baik dan nyaman untuk semua masyarakat Desa Loa Lepu,” ucap Sumali.

Tak hanya itu, dia juga menyampaikan terima kasih atas terbangunnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 15 Tenggarong Seberang yang setelah 30 tahun, akhirnya punya gedung baru.

“Siswa-siswi dan guru SMP PGRI 15 Tenggarong Seberang hampir 30 tahun tidak punya gedung dan numpang terus di gedung lainnya untuk bersekolah dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dengan terbangunnya gedung ini tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kami, khususnya guru dan siswa. Terima kasih Bupati, semoga menjadi amal ibadah dan kebaikan bagi bupati dan semoga pembangunan terus berlanjut,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMP PGRI 15 Tenggarong Seberang Maisensi. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab dan Bupati Kukar atas terbangunnya gedung SMP PGRI 15 Tenggarong Seberang.

“Alhamdulillah, Kami sangat terharu dan bersujud syukur serta berterima kasih kepada Bapak Bupati yang telah membantu kami dengan membangun gedung sekolah kami. Juga kepada Bapak Sumali yang telah bersedia menghibahkan tanah pribadinya untuk pembangunan SMP PGRI 15 Tenggarong Seberang ini,” ucapnya.

 

Sementara Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, perangkat desa memiliki semangat baru dan kerja yang baru dan prima dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Kantor baru sudah kita resmikan hari ini, jadi kepada kades dan perangkatnya harus punya semangat yang baru pula dalam melayani masyarakatnya,” pesan Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya.

Dia menekankan, sarana dan prasarana infrastruktur kerja memang penting. Namun yang lebih penting adalah komitmen kesadaran, bahwa keberadaan kantor desa adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

Selain peresmian kantor desa, Bupati Edi Damansyah juga menyoroti pentingnya peran posyandu dalam menangani balita dan anak agar tidak stunting. Dia meminta kepala desa (kades), Ketua Rukun Tetangga (RT), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), dan Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dapat berperan optimal dalam hal ini.

“Agenda penimbangan dan pengukuran serentak yang dilakukan di Indonesia akan segera berakhir,” ujar Edi. “Maka, penanganan stunting yang sebelumnya di tahun 2022 mencapai 27 persen dan di tahun 2023 menjadi 17 persen, kemudian kembali turun 10 persen, harus dilakukan secara konsisten,” imbuhnya lagi.

Edi Damansyah menjelaskan, Pemkab Kukar telah berupaya memberikan fasilitas terbaik untuk mendukung penanganan stunting. Hal ini termasuk memperbaiki posyandu, memberikan insentif kepada kader posyandu, dan menyediakan dana operasional posyandu.

Bupati berharap dengan diresmikannya kantor desa yang baru dan dioptimalkannya peran posyandu, Desa Loa Lepu dapat terus berkembang dan maju. Ia juga berpesan kepada Kades dan perangkatnya, serta para kader posyandu, agar bekerja dengan penuh semangat dan dedikasi untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Peresmian kantor desa ini merupakan langkah positif dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Desa Loa Lepu. Dengan semangat baru dan kerja sama yang solid dari semua pihak, diharapkan Desa Loa Lepu dapat menjadi desa yang sejahtera dan bebas stunting.

Peresmian Gedung SMP 15 PGRI juga merupakan komitmen Pemkab Kukar dalam memajukan pendidikan di Kukar sesuai visi misi Kukar Idaman dalam pemenuhan kebutuhan dasar dan pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

 

Acara yang berlangsung penuh syukur, suka cita dan meriah itu juga dimeriahkan dengan Sholawat dan Habsyi dari SDN 006 Tenggarong Seberang, tarian melayu dari siswa-siswi TK Kenari dan tarian Burung Enggang dari siswi SMP PGRI 15 Tenggarong Seberang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kukar Arianto, Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, Kepala Desa se-Kecamatan Tenggarong Seberang, pengurus dan anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Tenggarong Seberang, Pendamping Desa Kukar Idaman, Pendamping Desa Kemendes P3MD Kukar serta tokoh masyarakat, agama dan pemuda Desa Loa Lepu. []

Penulis: Achmad Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com