Pj Bupati PPU Serahkan 15 Unit Kapal Nelayan di Desa Babulu Laut

BABULU – DUKUNG sektor perikanan di Kabupaten Penajam Pasar Utara (PPU), Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun menyerahkan bantuan kapal dan alat tangkap kepada nelayan di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Selasa, (2/7/2024).

Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024 yang disalurkan melalui Dinas Perikanan Kabupaten PPU.

“Bantuan ini bersumber dari DAK pemerintah pusat. Tetapi bantuan ini tidak akan sampai di sini jika tanpa perjuangan yang kami lakukan di pusat. Mana ada bantuan turun dari langit,” kata Makmur Marbun di sela-sela kegiatan ini.

Dirinya menjelaskan, tidak sedikit kepala daerah di Indonesia datang ke pusat untuk mengajukan permohonan agar wilayahnya diberikan bantuan melalui DAK tersebut.

Namun menurutnya, terkait usulan daerah, pemerintah pusat sangat ketat dalam menyetujui usulan yang disampaikan. Apalagi ketika penjelasan yang diberikan tidak mampu meyakinkan pemerintah pusat.

“Kalau saya kan paham sekali apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan nelayan di PPU. Semua saya jelaskan dengan sebaik-baiknya sesuai keinginan masyarakat PPU sehingga bantuan nelayan ini dapat diberikan, ” jelas Makmur Marbun.

 

Makmur Marbun mengatakan, bantuan ini tidak berhenti sampai di sini. Dirinya saat ini juga telah memperjuangkan bantuan bagi nelayan lainnya di wilayah PPU.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat perjuangan saya di pusat untuk membantu para nelayan kita di PPU bisa terwujud,” harapnya.

Di sela-sela penyerahan bantuan ini Makmur Marbun juga berharap kapal dan alat tangkap nelayan yang diberikan tersebut dapat membantu nelayan khusunya di Desa Babulu Laut dalam meningkatkan hasil tangkapannya.

Dia juga berharap agar bantuan yang telah diterima dapat dirawat dengan sebaik-baiknya. Sehingga kapal dan perlengkapan nelayan lainnya tidak mudah rusak dan dapat digunakan lebih lama.

“Tolong dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya seluruh kapal-kapal nelayan ini. Semoga bantuan ini dapat membantu para nelayan dalam meningkatkan kesejahteraan bagi keluarganya,” tutup Direktur Produk Hukum Daerah pada Direktorat Otonomi Daerah (Otda) ini.

 

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten PPU Rozihan Asward mengatakan, bantuan yang diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Maju Bersama Desa Babulu Laut berupa kapal nelayan sebanyak 15 unit. Kapal berukuran 13 Gross Tonage (GT) itu telah dilengkapi mesin kapal, alat tangkap ikan dan sarana keselamatan pelayaran.

“Hari ini bapak Pj Bupati PPU telah menyerah secara simbolis bantuan kepada nelayan di Desa Babulu Laut berupa kapal ketinting bahan fiber dan mesin ketinting GX 390 sebanyak 15 unit, alat rakkang 780 unit, life jacket 30 unit dan cool box 15 unit,” papar Rozihan Asward saat ditemui Bagian Setkab Setkab PPU. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com