Bina Konstruksi PUPR Pera Kaltim Terima Kunjungan Pengurus Gatensi Kaltim

SAMARINDA – KEPALA Bidang Bina Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR Pera) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menerima kunjungan Pengurus Gabungan Ahli Teknik Nasional (Gatensi) Provinsi Kaltim di Ruang Rapat DPUPR Pera, Jalan Tengkawang, Samarinda, Rabu (3/7/2024).

“Kunjungan Gatensi ini dalam rangka koordinasi terkait program pelatihan dan sertifikasi anggota Gantensi kabupaten/kota se-Kalimantan Timur dari jenjang 1 sampai dengan jenjang 9 sesuai kewenangan,” jelas Kepala Bidang Bina Konstruksi Sri Rejeki.

Gantensi sendiri adalah sebuah asosiasi profesi yang dibentuk oleh Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) dengan tujuan untuk mewujudkan tenaga teknik konstruksi yang profesional dan kompeten melalui pembinaan dengan berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan kepada tenaga kerja konstruksi (TKK) secara berkelanjutan sesuai kebutuhan dan perkembangannya.

“Karena Gatensi dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan tenaga kerja konstruksi yang profesional dan kompeten, tanggap terhadap kemajuan dan bertanggunjawab dalam pengabdian profesinya sehingga mampu menjawab tantangan jasa konstruksi ke depannya,” ujar Sri.

 

Dia mempunyai optimisme sektor konstruksi akan semakin tumbuh dengan baik ke depan. Sebab itu mesti ditopang oleh kecukupan pasokan TKK yang tersertifikasi. Ditambah lagi berkat gencarnya pembangunan infrastruktur di Kaltim ini terlebih dengan ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sri Rejeki juga berharap sertifikasi kepada TKK lokal Kaltim dapat lebih diperluas dan sangat strategis untuk memastikan lapangan kerja yang tersedia benar-benar diisi oleh tenaga kerja lokal. Hal ini penting untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kaltim yang masih tinggi.

Pengurus Gatensi Kaltim yang hadir adalah Ketua Leonardus Kusuma Hararya, Sekretaris Oktavianus BS, Mutiara L Tanentang dan Situmorang Cristiand. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com