Lantik Pejabat Baru, Jaksa Agung Tekankan Integritas dan Profesionalisme

JAKARTA – DALAM upaya memperkuat kinerja dan integritas institusi, Jaksa Agung ST Burhanuddin melantik sejumlah pejabat tinggi di Kantor Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2024).

Pelantikan yang berlangsung di Lantai 11 Gedung Utama Kejaksaan Agung ini, mencakup pengambilan sumpah dan serah terima jabatan Wakil Jaksa Agung, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, serta beberapa Kepala Kejaksaan Tinggi.

Mengawali sambutannya, Jaksa Agung mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik. Dia menekankan bahwa mereka yang dilantik adalah individu pilihan yang memiliki kualitas untuk memimpin dan menggerakkan organisasi.

“Selamat kepada para pejabat yang dilantik. Kalian adalah pribadi terpilih dengan kualitas yang dibutuhkan untuk mendukung visi dan misi kejaksaan,” ujar Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Jaksa Agung menekankan pentingnya integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas baru.

“Pelantikan ini, adalah pengingat bahwa tugas baru harus dijalankan dengan amanah, kerja keras, dan keikhlasan, berlandaskan integritas dan profesionalisme,” lanjutnya.

Dalam amanatnya, Jaksa Agung memberikan beberapa arahan. Untuk Wakil Jaksa Agung yang baru dilantik, diharapkan mampu menyusun strategi kebijakan pembenahan struktur organisasi dan manajerial Kejaksaan, baik teknis maupun administratif.

“Dengan tanggung jawab yang diemban, Wakil Jaksa Agung harus menciptakan sinergi antar bidang teknis dan pendukung, guna menciptakan lingkungan kerja yang positif, efisien, dan efektif,” kata Burhanuddin.

Dia juga memberikan amanah untuk Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, yakni diharapkan dapat mengoptimalkan perannya sebagai penasihat hukum utama, bagi pemerintah dan negara.

“Pastikan peran Jaksa Pengacara Negara, dalam mewakili negara atau pemerintah dijalankan secara profesional, berkualitas, dan akuntabel guna tercapainya kepentingan hukum negara atau pemerintah,” tegasnya.

Tak luput juga, Burhanudin juga memberikan pesan kepada para Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang baru dilantik. Dia berharap dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, serta memastikan penegakan hukum yang adil dan proporsional.

“Segera beradaptasi dan pastikan penegakan hukum yang adil serta sesuai dengan nilai-nilai keadilan di masyarakat adalah prioritas utama,” ujarnya.

 

Berdasarkan press release dari Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI Harli Siregar Nomor: PR–567/015/K.3/Kph.3/07/2024 ke beritaborneo.com, Kamis (4/7/2024), sejumlah pejabat yang dilantik diantaranya, Feri Wibisono sebagai Wakil Jaksa Agung. Kemudian R. Narendra Jatna sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara.

Sementara beberapa Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang dilantik adalah Hermon Dekristo sebagai Kajati Jambi, Muhammad Syarifuddin sebagai Kajati Papua Barat, Hendrizal Husin sebagai Kajati Papua, dan Siswanto sebagai Kajati Banten.

Pada bagian akhir, Jaksa Agung mengucapkan terima kasih kepada para pejabat lama atas dedikasi dan pengabdian mereka. Serta kepada para istri yang setia mendampingi para pejabat selama menjalankan tugas.

Acara pelantikan ini, dihadiri Ketua Komisi Kejaksaan RI, para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan, Staf Ahli Jaksa Agung, Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat beserta anggota, serta para pejabat eselon di lingkungan Kejaksaan Agung. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com