IKN Hadir, Pj Bupati PPU Minta Peran Linmas Ditingkatkan

SEPAKU – KEHADIRAN Ibukota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjadikan tugas dan tanggung jawab unsur keamanan semakin besar. Tak terkecuali bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kabupaten PPU.

Perihal ini dikatakan Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Anggota Linmas terkait keamanan dan ketertiban umum se-Kecamatan Sepaku, Jum’at (5/07/2024).

“Di Kecamatan Sepaku saat ini sudah banyak pendatang sejak ditetapkannya IKN Nusantara. Peran Linmas sebagai perlindungan masyarakat harus ditingkatkan, khususnya di Kecamatan Sepaku ini,” kata Makmur.

Berkaitan dengan tantangan yang begitu luar biasa saat ini, utamanya di wilayah Kecamatan Sepaku yang menjadi pusat IKN Nusantara, Marbun menekankan apabila terdapat situasi ataupun kejadian yang berkaitan dengan kemanan dan ketertiban umum kiranya mengedepankan komunikasi dan melakukan koordinasi antara pemerintah daerah, aparat keamanan dan seluruh elemen masyarakat.

“Kehadiran Linmas merupakan garda terdepan dalam menghidupkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat termasuk menciptakan suasana kegotong royongan sebagai simbol penguatan solidaritas dan kebersamaan menjaga keamanan dan ketertiban umum di masing-masing wilayah,” ujar Marbun.

Marbun mengungkapkan, keberadaan linmas di lingkup masyarakat merupakan bagian dari daya dukung terciptanya ketertiban dan keamanan di setiap wilayah. Khususnya dalam aktivitas sosial kemasyarakatan, selain hadirnya unsur pendukung kemanan lainnya seperti Bhabinkamtibmas maupun Babinsa.

“Perlindungan masyarakat adalah salah satu prioritas utama pemerintah daerah, tentunya Linmas turut berperan penting dalam menjaga keamanan serta ketertiban di tingkat lokal terkhusus dalam sosial kemasyarakatan bersama dengan unsur keamanan lainnya,” katanya.

Dia menerangkan, Linmas merupakan salah satu unsur terdekat dan menjadi bagian dari masyarakat. Tentunya dengan dilaksankannya rakor, seluruh linmas di wilayah Sepaku semakin memberikan pemahaman. Sekaligus menyusun strategi yang efektif dalam memperkuat peranan linmas, guna meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Satlinmas harus mampu melihat kondisi terkini, memahami mana masyarakat lokal mana yang pendatang untuk bekerja ataupun aktivitas lainnya. Ini salah satu tugas tambahan agar bisa memahami dan melihat kondisifitas yang berkaitan dengan ketertiban dan ketentraman umum, khususnya bagi masyarakat di wilayah Sepaku,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, dia juga meminta kepada unsur kecamatan, lurah, hingga kepala desa agar betul-betul memperhatikan para anggota Linmas. Karena sebagai mitra dalam menjaga kondusifitas wilayah di tingkat masyarakat, Linmas memiliki dedikasi yang luar biasa. Bahkan usia para anggota linmas hampir sebagian sudah berada dalam usia lanjut.

“Linmas memiliki dedikasi yang luar biasa, karenanya agar mendukung kemitraan ini dalam sosial kemasyarakatan. Camat, lurah, dan kepala desa wajib memperhatikan para anggota Linmas yang ada. Karena mereka juga pengayom masyarakat dalam menjaga dan menciptakan ketertiban serta keamanan umum,” pintanya.

“Terimak asih atas dedikasi dan ketulusan para anggota satuan Linmas di wilayah Kecamatan Sepaku, serta dengan adanya pelaksanaan rakor linmas ini kiranya mampu memberikan peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam menjaga ketertiban dan keamaan umum yang semakin kedepan tantangannya semakin besar,” tutupnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com