Petugas Registrasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dukcapil PPU Diberi Pelatihan

BALIKPAPAN – DALAM rangka meningkatkan pelayanan kependudukan hingga tingkat desa dan kelurahan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten PPU menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Golden Tulip, Balikpapan, Jumat (5/7/2024) itu ditujukan bagi petugas registrasi pelayanan administrasi kependudukan di kelurahan dan desa di PPU.

Bimtek ini terselenggara melalui kerjasama Disdukcapil PPU dengan Diklat Bina Bangsa (Diklanas), diikuti oleh seluruh perangkat desa dan kelurahan yang memiliki peran sebagai petugas registrasi pelayanan administrasi kependudukan di wilayah kelurahan dan desa.

Pj Bupati PPU Makmur Marbun dalam sambutannya berharap kepada narasumber dalam kegiatan tersebut agar dapat memberikan ilmu sebanyak-banyaknya dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta Bimtek.

Dia juga minta kepada peserta agar mengikuti acara itu dengan serius dan seksama, sehingga benar-benar memahami bagaimana pengelolaan administrasi kependudukan yang baik.

“Saya berharap apa yang diperoleh dalam bimtek ini agar dapat diinformasikan kepada jajarannya serta mampu menerapkannya dalam pelayanan administrasi kependudukan di wilayahnya masing-masing,” ucapnya.

 

Dalam kesempatan ini Marbun juga mengucapkan terimakasih kepada Narasumber karena telah bersedia datang dan membimbing para peserta bimtek. Tanpa adanya bimbingan ini maka aplikasi pencatatan kependudukan yang ada akan terasa percuma karena tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

Dirinya yakin dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten PPU, mulai saat ini membuat semua orang tidak bisa bekerja secara biasa-biasa saja lagi.

“Saya sangat memahami bahwa bimbingan teknis administrasi kependudukan ini sangat diperlukan. Saya ingin bapak dan ibu menjaga agar tidak ada lagi mobilisasi masyarakat terlalu banyak di Dukcapil PPU,” tutup Makmur Marbun.

Sementara Kepala Dinas Dukcapil PPU Waluyo juga mengucapkan terimakasih kepada para peserta. Terutama kepala desa dan lurah yang selama ini telah memfasilitasi personil Dukcapil dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, untuk mendata warga masyarakat yang belum melakukan perekaman kependudukan.

Waluyo menyampaikan kepada segenap perangkat desa dan kelurahan agar dapat menginformasikan kepada warganya, terutama kepada pelajar yang telah memasuki usia dewasa untuk melakukan perekaman di kantor desa atau kelurahan saat Tim Dukcapil melakukan perekaman.

“Apabila terdapat kendala atau pemasalahan dalam pelayanan, silahkan berkoordinasi dengan teman-teman pegawai yang ada di Dukcapil. Namun jika tidak menemukan solusi silahkan berkoordinasi dengan saya,” ucap Waluyo.

 

Senada, Ketua Dewan Pembina Diklatnas, Abdurrahman mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya karena telah dipercaya untuk melaksanakan bimbingan teknis yang terkait masalah pelatihan dan pembinaan.

Ia menambahkan bahwa acara ini harus bisa benar – benar dimanfaatkan, saling diskusi dalam pembelajaran sehingga diharapkan apa yang diperoleh dari bimtek ini dapat bermanfaat untuk Kabupaten PPU terutama bagi masyarakat yang ada di desa dan kelurahan. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com