Adhyaksa Award 2024: Penghargaan Bergengsi untuk Jaksa Berprestasi

JAKARTA – JAKSA Agung ST Burhanuddin secara resmi membuka acara Adhyaksa Award 2024 di The Westin Jakarta, Jumat (5/7/2024). Penghargaan ini, merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja luar biasa dari jaksa-jaksa di seluruh Indonesia, dan merupakan hasil kolaborasi antara Detikcom dan Kejaksaan Agung.

Melalui press release Nomor: PR–523/052/K.3/Kph.3/06/2024, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI Harli Siregar menjelaskan, Adhyaksa Award 2024 adalah yang pertama kali diadakan, dengan proses seleksi yang sangat ketat dilakukan, oleh Dewan Pakar yang terdiri dari lima tokoh berpengaruh.

“Para tokoh tersebut, adalah Ketua Komisi Kejaksaan periode 2015-2019 dan periode 2019-2023 Barita Simanjuntak, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Ahmad Fauzan, Pemimpin Redaksi Detikcom Alfito Deannova Ginting, dan Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman,” paparnya, melalui keterangan tertulis ke media ini, Sabtu (6/7/2024).

“Adhyaksa Award 2024 adalah bentuk penghargaan dan apresiasi masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan RI,” ujar Harli Siregar.

Kapuspenkum menyebutkan, ada lima kategori, penghargaan yang diberikan kepada 15 finalis jaksa yang telah menunjukkan prestasi luar biasa.

“Kategori tersebut meliputi, Jaksa Teladan dalam Integritas, Jaksa Tangguh dalam Pemberantasan Korupsi, Jaksa Inovatif dalam Penegakan Hukum, Jaksa Penegak Keadilan Restoratif, dan Jaksa Inspiratif Pemberdaya Masyarakat,” urainya.

“Dalam penilaian terhadap para nominasi, dilakukan dengan cermat oleh Dewan Pakar yang dibentuk oleh tim redaksi Detikcom,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini pula Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan bahwa para pemenang adalah jaksa yang menunjukkan dedikasi tinggi, integritas, dan menjadi teladan bagi institusi mereka.

“Penghargaan ini, diharapkan dapat memotivasi seluruh para Jaksa di Indonesia, untuk terus bekerja dengan dedikasi, integritas, dan profesionalisme,” pungkasnya.

Berikut adalah daftar pemenang dalam masing-masing kategori:

1. Bambang Setiawan, S.H., M.H., Li. (Koordinator pada Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta) – Jaksa Teladan dalam Integritas

2. Kuntadi, S.H., M.H. (Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus) – Jaksa Tangguh dalam Pemberantasan Korupsi

3. Saepul Uyun Sujati, S.H. (Kasi PB3R Kejaksaan Negeri Kutai Barat) – Jaksa Inovatif dalam Penegakan Hukum

4. Herlinda, S.H., M.H. (Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Tengah) – Jaksa Penegak Keadilan Restoratif

5. Febrow Adhyaksa Soeseno, S.H., M.H. (Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Tebo) – Jaksa Inspiratif Pemberdaya Masyarakat

 

Acara Adhyaksa Award 2024 ini juga, dihadiri oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Ketua Komisi Yudisial RI Amzulian Rifai, Wakil Jaksa Agung RI, Para Jaksa Agung Muda, serta Dewan Pakar Adhyaksa Award 2024. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com