Kabupaten Kotim Bersiap Sambut Kunjungan Kepala BNN Awal Agustus 2024

KOTAWARINGIN TIMUR – Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati mengungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Martinus Hukom dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Kotim.

“Sebelumnya, dijadwalkan pada bulan Juli ini tapi diundur karena Bupati Kotim sedang pada agenda dan juga Kepala BNN. Akhirnya dijadwalkan pada Agustus nanti, ” kata Irawati yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kotim, Sabtu 6 Juli 2024.

Kunjungannya ke Kabupaten Kotim memastikan kesiapan pembentukan BNNK di Kotim. Melakukan penilaian terhadap sarana dan prasarana yang nantinya mendukung dibentuknya BNNK. Pasalnya, Ketua BNN akan membentuk BNNK bagi daerah yang siap.

“Tapi saya pastikan Kabupaten Kotim siap untuk dibentuk BNNK. Semua sudah siap dan beliau ingin memastikan apakah itu benar. Dan kita sudah menyerahkan NPHD – nya untuk kantor segala macam. Saya sering melakukan kaji tiru ke kabupaten lain, disana itu tanahnya saja masih pinjam pakai sudah didirikan kantor oleh BNN, sedangkan Kotim saya bilang kita sudah siap semuanya mulai kantor, sapras, mobil sampai SDMnya sudah siap, sehingga kenapa tidak dibantu untuk bisa jadi BNNK,” ucapnya.

Irawati mengungkapkan Pemkab Kotim serius dalam mewujudkan BNNK di daerah tersebut. Karena peredaran narkoba di wilayah tersebut cukup tinggi. Karena Kotim merupakan daerah strategis dan terbuka. Tingginya peredaran tersebut dapat dilihat dari banyaknya kasus pengungkapan sabu oleh pihak berwajib. Hampir setiap hari kasus pengungkapan itu ada.

“Kemarin saya sempat paparan di Lapas Kelas IIB Sampit bahwa ibu-ibu itu hampir 70% karena obat-obatan terlarang. Jadi untuk meminimalisir peredaran itu, mudahan segera bisa dibentuk BNNK di Kotim. Tahun 2024 kita berharap, Kepala BNN RI mengatakan Oktober, lampu hijau ya sih begitu. Kita lihat Oktober nanti mudahan di Kotim BNK menjadi BNNK Kotim,” harapnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com